Senin, 20 Mei 2024 09:42 WIB

Daerah

870 Nakes di Balikpapan Disuntik Vaksin Covid-19

Redaktur: M. Yusuf
| 2.364 views

Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan, dr Andi Sri Juliarty

Balikpapan, Afiliasi.net - Hari ini beberapa fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk memberikan layanan vaksinasi Covid-19 telah melakukan vaksinasi meskipun kick off-nya baru dilaksanakan Jum’at (29/1/2021).

Beberapa fasilitas kesehatan tersebut antara lain adalah rumah sakit Bhayangkara, RSUD Beriman, RSKD, KKP, dan 15 Puskesmas.

Rumah sakit Tentara juga menjalankan vaksinasi pada hari ini, namun belum selesai sehingga data nakes yang telah tervaksin belum tersedia.

“Rumah sakit Tentara juga berjalan tetapi belum close sehingga belum melaporkan hasil,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, dr Andi Sri Juliarty.

Ia membeberkan hingga pukul 15.00 wita tadi sudah ada 870 tenaga kesehatan yang tervaksin. Sehingga jika dipresentasikan, sudah sebanyak 12,54 persen nakes yang telah divaksin.

“Total yang telah divaksin ada 870 tenaga kesehatan, dan 1 ada suntikan dosis kedua yaitu bapak Panglima,” tambahnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Balikpapan menerima instruksi dari Kementerian Kesehatan agar bisa melakukan vaksin sampai batas waktu akhir bulan ini.

Perempuan yang akrab disapa Dio tersebut menuturkan sempat pesimis karena hanya diberi waktu 3 hari. Untuk itu ia menghimbau kepada faskes yang telah menerima vaksin bisa melakukan vaksinasi duluan.

“Tadinya saya juga pesimis, tapi kalau lihat capaian hari ini, satu hari aja bisa dapat 870 sementara kita belum pencanangan. Jadi hari ini kita menghimbau saja, minta tolong siapa yang sudah terima vaksinx langsung jalan, dan sudah mencapai 870,” terangnya.

Ia menerangkan bahwa target jumlah tenaga kesehatan yang akan divaksin berjumlah 5.664, namun hal ini berkurang karena beberapa nakes terkonfirmasi positif Covid-19.

“Target kita kan 5644, dari target ini akan berkurang karena dari aplikasi banyak nakes yang positif. Jadi mungkin tidak 5644,” tutur Dio.

Sementara itu, Dio pun menerangkan bahwa tenaga vaksinator yang akan bertugas telah disediakan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh mengingat rentang waktu yang diberikan sangat sebentar.

Seluruh tenaga kesehatan sudah kita distribusi vitamin jadi ada 130.000 tablet, kemudian kita juga meminta teman-teman bagaimana di dalam internal masing-masing saling mengatur,” tandasnya.

Sebagai informasi, kick off vaksinasi di Balikpapan akan dilaksanakan besok Jum’at (29/1/2021) pukul 08.00 Wita bertempat di halaman Kantor Pemkot Balikpapan.

Editor : M.Yusuf


TOPIK BERITA TERKAIT: #dr-andi-sri-juliarty #vaksinasi-covid19 #nakes-disuntik-vaksin-corona #berita-balikpapan 

Berita Terkait

IKLAN