Jumat, 17 Mei 2024 09:58 WIB

Daerah

Corona Menggila, RSKD Balikpapan Terapkan Sistem Buka Tutup Gegara IRD Penuh

Redaktur: Fera
| 1.664 views

Foto spanduk yang dipasang manajemen RSKD di depan ruang IRD (istimewa)

Balikpapan, Afiliasi.net - Penuhnya Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan membuat pihak manejemen memasang spanduk dengan keterangan bahwa ruang Instalasi Rawat Darurat (IRD) sedang penuh.

Foto spanduk bertuliskan "Mohon maaf untuk sementara IRD RSKD tidak menerima dan melayani pasien dikarenakan penuh" pun beredar di grup WhatsApp.

Seperti diketahui, setiap hari penambahan kasus positif di Balikpapan menyentuh angka ratusan orang. Para pasien ini pun banyak dinyatakan bergejala dan harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Direktur RSKD, Edy Iskandar membenarkan bahwa IRD tengah dalam kondisi penuh dan tidak menerima pasien untuk sementara.

"Iya benar, instalasi rawat darurat (IRD) terpaksa menerapkan sistem buka tutup. Pasien sangat penuh di dalam ruangan darurat, melebihi kapasitas," ucapnya, Senin, 5 Juli 2021.

Pasien-pasien yang datang ke RSKD terpaksa diarahkan ke rumah sakit lain yang masih memiliki ketersediaan ruangan. Di samping itu, penutupan sementara ini bertujuan agar tenaga kesehatan RSKD tidak kewalahan dan bisa memberikan perawatan secara maksimal.

"Ini juga agar tenaga kesehatan bisa maksimal menangani pasien sesuai dengan standar pencegahan penyakit infeksi dan menjaga para nakes agar tidak kelelahan dalam bekerja," ungkapnya.

Edy juga menambahkan bahwa saat ini tidak ada antrean pasien yang ingin masuk ke RSKD. "Tidak ada antrean karena kita arahkan ke rumah sakit lain. Tapi kalau ada pasien yang darurat, kita akan pertimbangkan sebelum mengarahkan ke rumah sakit lain," ungkapnya.

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #rskd-balikpapan #rumah-sakit-rujukan-covid-19-penuh #balikpapan 

Berita Terkait

IKLAN