Selasa, 05 Juli 2022 04:36 WIB

Advetorial

Semarakkan Gerakan Cinta Zakat, Andi Harun dan Seluruh ASN Pemkot Samarinda Tunaikan Zakat Fitrah

Redaktur: Rahmadani

Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat tunai Zakat Fitrah. (Jeri/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Melalui acara bertajuk gerakan cinta zakat mensejahterakan umat, Wali Kota Samarinda, Andi Harun, beserta jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda menunaikan pembayaran zakat pada Senin, 25 April 2022 di Balai Kota. 

Kegiatan tersebut dimaksimalkan Pemkot Samarinda dengan menggandeng Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kota Samarinda. 

Dalam sambutannya, Wali Kota Andi Harun mengungkapkan, zakat merupakan penyempurna ibadah puasa sesuai dengan hadis nabi Muhammad SAW dan perintah Allah SWT dalam kitab suci Al-Quran. 

"Surah Al Baqarah ayat 83 memerintahkan kita untuk menunaikan zakat pada waktunya, menyempurnakan ibadah puasa kita," ucap Andi Harun. 

Ia melanjutkan, masih berdsarakan hadis nabi, zakat fitrah yang ditunaikan setelah salad idulfitri hanya akan dihitung sebagai sedekah biasa saja. Sebabnya, zakat fitrah  wajib ditunaikan sebelum salat ied 1 Syawal 1443 Hijriah. 

Tak hanya demi menunaikan ibadah umat muslim semata, zakat dikatakan Andi Harun juga harus menjadi penggerak ekonomi masyarakat Kota Tepian. 

"Kita tidak ingin ada pengumpul zakat yang liar, karena itu harapannya zakat ini tersalurkan kepada fakir miskin dan amir zakat," imbuhnya. 

Ketua Baznas Samarinda, Widiasmoro Eko Prawito, menyatakan, pihaknya bakal menindaklanjuti apresiasi wali kota kepada pihaknya untuk mengelola zakat fitrah dan zakat penghasilan seluruh ASN Pemkot Samarinda. 

Berdasarkan permintaan Wali Kota Andi Harun, stand zakat akan berdiri di lingkungan Balai Kota Samarinda hingga H-2 lebaran 2022 nanti. 

Sejauh ini, sebut Eko, telah terkumpul sekitar Rp 70 juta berasal dari zakat fitrah dan zakat penghasilan ASN Pemkot Samarinda. Bagi ASN yang masih dalam proses penghitungan zakat penghasilan, panitia Baznas Samarinda dikatakan Eko akan menyambangi para ASN di kediamannya. 

"Jemput zakat dari rumah ke rumah," tuturnya. 

Penyaluran zakat sendiri akan dimulai pada Rabu, 27 April 2022 di seluruh kelurahan dan kecamatan se-Kota Samarinda. 

"Pada hari Rabu itu kita sudah berkoordinasi dengan Polresta Samarinda, untuk melakukan penyerahan zakat fitrah dan zakat penghasilan seluruh anggota kepolisian," pungkasnya. Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-samarinda #pemkot-samarinda #zakat-fitrah 

Berita Terkait

IKLAN