Sabtu, 01 Oktober 2022 08:32 WIB

Daerah

Bakal Selenggarakan Mubes Ke-5, IKA FEB Unmul Tegaskan Organisasi yang Berasaskan Kekeluargaan

Redaktur: Rahmadani

Caption : Ketua IKA FEB Unmul, Meiliana. (Istimewa).

Samarinda, Afiliasi.net - Sejak terbentuk 1994 silam, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mulawarman (Unmul) akan kembali melaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) ke-5 dalam waktu dekat ini. 

Mubes tersebut bakal digelar di Gedung Dekanat FEB Unmul pada Sabtu, 6 Agustus 2022 mendatang. Diikuti oleh 47 angkatan selaku alumni dengan masing-masing perwakilan angkatan berjumlah 2 orang. 

Ketua IKA FEB Unmul, Meiliana menuturkan, Mubes kali ini bertujuan untuk merekatkan kembali rasa kekeluargaan sesama jebolan mahasiswa FEB Unmul — yang sebelumnya bernama Fakultas Ekonomi (Fekon) mulai dari angkatan 1972. 

"Intinya, bagaimana kehadiran IKA FEB ini dapat memberikan kontribusi terhadap almamater kampus (Fakultas FEB Unmul, Red). Disamping juga agar akreditasi fakultas semakin meningkat," ujar Meiliana kepada awak media, Selasa, 2 Agustus 2022. 

Meski sempat vakum pada medio 1999-2004 dan 2011-2016, melalui Mubes ke-5 kali ini IKA FEB Unmul diharapkan dapat menjadi lembaga yang lebih baik. Pasalnya, sejumlah capaian telah ditarget. 

"Peran alumni diharapkan sekali oleh fakultas untuk menunjang akreditasi. Selain itu, keaktifan IKA FEB paling tidak bisa sedikit membantu mahasiswa yang membutuhkan lewat program beasiswa stimulan dan tuntas. Meski jumlah kuotanya tak banyak," ucap Meiliana. 

Diketahui, terdapat sejumlah tokoh publik, pejabat, hingga pengusaha yang merupakan alumni FEB Unmul. 

Meiliana menegaskan, di dalam tubuh IKN FEB Unmul sendiri tak ada unsur politis, karena bicara tentang keluarga besar. 

"Kita orang-orang intelektual, ditambah organisasi ini berasaskan kekeluargaan. Makanya, para alumni yang kita undang hanya sebagai alumni saja," ucapnya. 

Sementara itu, dalam Mubes yang membatasi hanya 150 peserta nanti itu, ketua IKA FEB yang baru akan dipilih secara langsung di dalam forum. Artinya, anggota yang tak hadir tak bisa menjadi ketua. 

"Masing-masing angkatan hanya boleh memberikan satu suara saja. Walaupun sebenarnya kita menghindari voting, karena yang sebelumnya berjalan selalu lewat musyawarah (main tunjuk, Red)," pungkas Mantan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur tersebut. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ika-feb #unmul #meiliana #samarinda 

Berita Terkait

IKLAN