Senin, 06 Februari 2023 12:31 WIB

Advetorial

Gor Segiri Bakal Dijadikan Ikon Baru Kota Tepian, Begini Konsepnya

Redaktur: Rahmadani

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Kawasan Stadion GOR Segiri Samarinda yang meliputi Jalan Kesuma Bangsa, Jalan Bhayangkara, Jalan Agus Salim dan sekitarnya, bakal disulap menjadi kawasan emas atau 'Golden Square' oleh Pemkot Samarinda. 

Pengembangan stadion olahraga seluas 27 hektare itu akan memperlancar kepadatan arus lalu lintas dengan merombak sebagian titik persimpangan utama di kawasan ini. Misalnya, simpang tiga Hotel Mesra, bundaran Taman Samarendah, simpang tiga Danau Toba dan simpang empat Agus Salim. 

Hal itu dibahas dalam pemaparan Detail Engineering Design (DED) yang disampaikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Samarinda kepada Wali Kota Andi Harun, Selasa, 4 Oktober 2022 kemarin di Balai Kota. 

Dalam pemaparan DED tersebut, ada pula rencana pengembangan tempat lainnya seperti Taman Samarendah dan Citra Niaga untuk dikembangkan lebih lanjut. 

Kepada awak media, Andi Harun menyebut rencana revitalisasi dan rehabilitasi ketiga kawasan itu saat ini masih tahap awal. Baik dari sisi analisa lalu lintas, analisa genangan air, dan analisa aspek arsitektur bangunan. 

"Kalau DED sudah direvisi, akan saya lakukan peninjauan lokasi bersama PUPR. Agar dari konsep awal yang mereka paparkan dengan kondisi saat ini bisa saya lihat langsung," ucap Andi Harun.

 

Andi Harun menjelaskan, adapun alasan pihaknya khusus merehabilitasi kawasan GOR Segiri untuk menciptakan ikon baru di Kota Tepian. 

"Apabila tidak direhabilitasi, maka keadaannya akan makin kumuh," sebutnya. 

Lebih lanjut dijelaskan Andi Harun, demikian pula mengenai pengembangan wilayah Citra Niaga. Dari pemaparan detail oleh tim Cipta Karya PUPR Samarinda dan Konsultan, pengembangan kawasan ini masih membutuhkan masukkan oleh para tokoh dan ahli. 

Ada beberapa saran dan masukan dari orang nomor satu di Samarinda itu berkaitan dengan berbagai fasilitas pelengkap terkait penataan kawasan-kawasan tersebut. 

"Seperti kawasan Hotel dan pusat perdagangan. Namun pada prinsipnya saya sangat mengapresiasi pemaparan dari tim ini," pungkasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #gor-segiri #andi-harun #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN