Kamis, 30 Mei 2024 04:29 WIB

Lifestyle

Mengenal Santo Valentine dan Sejarah Singkat Hari Kasih Sayang 14 Februari

Redaktur: Redaksi
| 804 views

Istimewa.

Afiliasi.net - Santo Valentine atau Saint Valentine adalah seorang martir Kristen yang hidup pada abad ke-3. Ia dikenal sebagai patron dari cinta dan pernikahan, dan tanggal 14 Februari diperingati sebagai Hari Kasih Sayang atau Hari Valentine. Sejarah Hari Valentine sendiri berawal dari legenda yang mengatakan bahwa Santo Valentine membantu pasangan-pasangan yang sedang jatuh cinta untuk berkumpul dan menikah pada masa penguasa Romawi yang melarang pernikahan.

Menurut sejarah, pada masa pemerintahan Kaisar Claudius II, ia melarang pernikahan dan pacaran dengan alasan bahwa warga yang jatuh cinta dan menikah lebih memprioritaskan keluarga daripada melayani negara. Namun, Santo Valentine tidak setuju dengan aturan tersebut dan membantu pasangan-pasangan untuk menikah secara diam-diam. Karena tindakannya tersebut, ia ditangkap dan dipenjara oleh pemerintah Romawi.

Ketika dalam tahanan, Santo Valentine terus membantu warga dan membimbing mereka dalam iman Kristen. Ia juga menjadi teman baik dengan warden tahanan dan memberikan berkat kepadanya yang membuat warden menjadi percaya pada Tuhan. Karena tindakannya tersebut, ia akhirnya dibunuh oleh pemerintah Romawi pada tanggal 14 Februari tahun 269 M.

Setelah kematiannya, Santo Valentine menjadi simbol cinta dan romansa, dan tanggal 14 Februari mulai diperingati sebagai Hari Kasih Sayang atau Hari Valentine. Pada abad ke-15, Gereja Katolik mengakui Santo Valentine sebagai santo resmi dan memperingatkan tanggal 14 Februari sebagai hari perayaan bagi santo tersebut.

Hari Valentine sekarang telah menjadi tradisi untuk memperingati cinta dan romansa. Pada hari ini, orang-orang biasanya memberikan kartu ucapan, bunga, cokelat, atau hadiah lain kepada pasangan mereka untuk menunjukkan rasa sayang dan cinta. Hari Valentine juga sering menjadi momen untuk berkencan atau menikah.

Secara keseluruhan, Hari Valentine adalah hari yang diterima secara luas sebagai simbol cinta dan romansa. Meskipun sejarah aslinya mungkin berbeda dari yang kita kenal sekarang, tradisi ini tetap hidup dan berkembang sampai saat ini. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #hari-valentine #santo-valentino #sejarah-singkat 

Berita Terkait

IKLAN