Sabtu, 27 April 2024 05:23 WIB

Daerah

Sambut Tahun Politik 2024, Komisi I DPRD Samarinda Kawal Realisasi Anggaran Kesbangpol

Redaktur: Redaksi
| 347 views

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Samarinda, Suparno. (Istimewa)

 

Samarinda, Afiliasi.net – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda melakukan Rapat Dengar Pendapat dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Samarinda. Hal ini berkaitan serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 dan Usulan rancangan usulan APBD 2024.

RDP ini dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Lantai 2 Gedung DPRD Kota Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, pada Rabu 26 Juli 2023.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Samarinda, Suparno mengatakan prinsipnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diawasi langsung secara serapan anggaran akan maksimal pada akhir tahun. Seperti Kesbangpol Kota Samarinda yang dananya didominasi dengan dana hibah yang penyalurannya membutuhkan waktu.

Ia menjelaskan bahwa dana hibah tersebut akan dialokasikan untuk pemilu 2024 dan akan disalurkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Samarinda.

“Terutama menuju tahun politik 2024,” tegasnya.

Menambahkan, Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Samarinda, Miftahurrizqa mengatakan bahwa dana APBD 2023 murni sebesar Rp 31 miliar, baru di realisasikan sebanyak 27,24 persen. Lima puluh persennya merupakan dana hibah seperti pembangunan Mako Brimob di Daerah Jonggol, Kabupaten Kutai Kartanegara, perkiraan sekitar Rp 10 miliar dan masih dalam proses administrasi. Selain itu, terdapat Rp 9 miliar lebih untuk alokasi Pemilukcada.

“Jadi semuanya masih dalam proses realisasi,” singkatnya menegaskan.

Miftah juga menjelaskan bahwa pihaknya pada 2024 nanti akan dilimpahkan program seleksi paskribaka yang sebelumnya di Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Samarinda. Selain itu, usulan pada 2024 diperkirakan akan menambah menganggarkan Rp 50 miliar, hal ini dikarenakan tahun politik.

Begitu pun, pada usulan APBD Perubahan 2023 pihaknya akan mengusulkan kembali dana untuk pendidikan politik dan kebutuhan pemilu 2024, sebesar Rp 33 miliar. Totalnya untuk APBD 2023 baik murni dan perubahan menjadi Rp 64 miliar.

Ia menegaskan bahwa dana yang masuk ke Kesbangpol Kota Samarinda merupakan dana yang nantinya akan dihibahkan. Utamanya untuk kepentingan pendidikan politik masyarakat Kota Samarinda.

“Perlu diingat kalau semuanya untuk realisasi dana hibah menuju politik 2024,” pungkasnya.

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-samarinda #pilpres-2024 #dana-politik 

Berita Terkait

IKLAN