Sabtu, 18 Mei 2024 10:46 WIB

Advetorial

Lewat Kanda-Dinda Kutim, Bupati Ardiansyah Sulaiman Berpesan agar Generasi Muda Jaga Warisan Budaya

Redaktur: Redaksi
| 234 views

Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi kepada Kanda-Dinda Duta Budaya Kabupaten Kutim yang akan ‘berlaga’ di Pemilihan Kanda-Dinda Duta Budaya Kaltim

Sangatta, Afiliasi.net - Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi kepada Kanda-Dinda Duta Budaya Kabupaten Kutim yang akan ‘berlaga’ di Pemilihan Kanda-Dinda Duta Budaya Kaltim tanggal 22 hingga 24 Agustus 2023 di Kyriad Hotel Sadurengas, Tanah Grogot, Kabupaten Paser. Dia berpesan agar Kanda-Dinda yang mengikuti ajang itu untuk selalu promosikan budaya Kutai Timur.

"Jaga kekompakan dan kesehatan. Semoga memperoleh hasil yang terbaik,” tandas Bupati Ardiansyah, kepada para perwakilan Kanda-Dinda Duta Budaya Kutim, Jumat (18/8/2023).

Ardiansyah menyebut, Kutim punya kekayaan seni dan budaya yang luar biasa. Oleh sebab itu dia berpesan kepada seluruh generasi muda untuk terus menjaga warisan budaya di Kutai Timur.

“Kekayaan seni budaya itu harus dirawat, dilestarikan dan dikembangkan. Misalnya Karst Sangkulirang, seni budaya pesisir dan pedalaman eksotis dan artistik. Itu semua ada di Kutim. Belum lagi kalau kita bicara tentang produk kebudayaan dan pariwisata. Kita punya batik khas Kutim dan pantai-pantai dan obyek wisata lainnya. Nah, kembali lagi saya tekankan, semua itu harus dirawat dan dipromosikan,” katanya.

Menurutnya, event Pemilihan Kanda-Dinda Duta Budaya Kaltim dapat dijadikan sebagai momen penting bagi Kanda dan Dinda Budaya Kutim, yakni Yorgian Pratama, Siva Sintia, M. Zam Bohari dan Widya Astuti Arimbi untuk mempromosikan seni budaya dan pariwisata.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim Padliyansyah, yang juga merupakan Bina damping (Bindam) Kanda-Dinda Duta Budaya Kutim telah menyelenggarakan pendidikan dan latihan (Diklat) bagi para Duta Budaya Kutim. Sejak 14 hingga 17 Agustus 2023 di Belad Teras Kafe, Sangatta.

Padliyansyah menerangkan, para Kanda-Dinda Duta Budaya Kutim ini akan mendapatkan materi pembelajaran dari UU No 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Perda No 20 tahun 2021 tentang Pemajuan Kebudayaan Kaltim, 10 Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK), dan cagar budaya serta potensi budaya Kaltim dan Kutim.

“Selanjutnya, materi Unjuk Bakat Seni oleh Rusman Hidayat, Public Speaking, Bahasa Inggris dan Kepribadian dari Rahmad Abadi,” pungkasnya. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kutim #kutai-timur #kanda-dinda-kutim 

Berita Terkait

IKLAN