Senin, 29 April 2024 02:16 WIB

Daerah

Presiden Menang Gugatan Kasus Ship to Ship Transfer Batu Bara Muara Berau

Redaktur: Redaksi
| 212 views

SIDANG PUTUSAN - Sidang putusan yang dibacakan oleh Majelis Hakim pada Rabu (23/8/2023) lalu di PN Tenggarong, Kejati Kaltim mewakili negara memenangkan perkara gugatan perdata yang dilayangkan kelompok nelayan Muara Berau. (HO)

Samarinda, Afiliasi.net - Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur (Kejati Kaltim) menerima Surat Kuasa Khusus dari Jaksa Agung Republik Indonesia untuk mewakili Presiden RI sebagai tergugat.


Jajaran Korps Adhyaksa Kaltim telah memenangkan perkara perdata gugatan perwakilan kelompok (class action) yang diajukan oleh sejumlah nelayan Muara Berau.

 "Pengadilan Negeri (PN) Tenggarong menolak gugatan perwakilan kelompok (class action) yang diajukan oleh sekitar 2.000 nelayan Muara Berau, Kabupaten Kutai Kartanegara, terkait kegiatan usaha ship to ship transfer batubara di wilayah perairan tersebut," jelas Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Kaltim Toni Yuswanto di Samarinda, Minggu (27/8/2023).

Dalam putusan yang dibacakan oleh Majelis Hakim, Rabu (23/8/2023), PN Tenggarong menyatakan gugatan para penggugat tidak dapat diterima. Bahkan menghukum para penggugat untuk membayar biaya perkara sebesar Rp13.301.500.

"Para penggugat menuntut ganti rugi materiil sebesar Rp536.554.319.200 dan immateril sebesar Rp 1.000.000.000.000 atas kerusakan lingkungan dan ekonomi akibat kegiatan ship to ship transfer batubara yang dinilai melanggar berbagai peraturan perundang-undangan," beber Toni.

Majelis Hakim PN Tenggarong menilai gugatan para penggugat tidak memenuhi syarat-syarat formil gugatan kelompok sebagaimana diatur dalam Pasal 3 Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2002 tentang Gugatan Kelompok.

Salah satu syarat formil yang tidak terpenuhi ialah adanya kesamaan hak atau kewajiban yang menjadi dasar tuntutan gugatan kelompok. 

Menurut Majelis Hakim, para penggugat tidak memiliki kesamaan hak atau kewajiban karena mereka berasal dari berbagai desa dan kecamatan yang berbeda-beda.

Majelis Hakim turut menilai gugatan para penggugat tidak memenuhi syarat materiil karena tidak ada bukti yang cukup untuk membuktikan adanya kerusakan lingkungan dan ekonomi akibat kegiatan ship to ship transfer batubara.

Diketahui, Kejati Kaltim menerima Surat Kuasa Khusus bernomor SK/65/JA/06/2023 tanggal 22 Juni 2023 dan diterbitkan oleh Jaksa Agung Republik Indonesia.

Dimana surat tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan penerbitan Surat Kuasa Subtitusi Nomor SK-077/04/Gp/07/2023 tanggal 12 Juli 2023 oleh Kepala Kejati Kaltim kepada Jaksa Pengacara Negara pada bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Kaltim.

Surat Kuasa Subtitusi tersebut memberikan kewenangan kepada Jaksa Pengacara Negara untuk bertindak sebagai kuasa mewakili Presiden RI sebagai Tergugat XII dalam perkara perdata Nomor perkara : 48/PDT.G/2023/PN.TRG di Pengadilan Negeri Tenggarong.

Perkara perdata tersebut merupakan gugatan yang diajukan oleh Law Office Agus Shali, SH.MH.C.L.A & Rekan selaku kuasa Hukum Muhammad Basri, Dkk. terkait adanya kegiatan usaha Ship To Ship Transfer Batubara di Wilayah Perairan Muara Berau yang diduga merugikan para nelayan setempat.

"Menurut para penggugat, kegiatan usaha Ship To Ship Transfer Batubara telah menimbulkan pencemaran lingkungan laut, mengganggu aktivitas penangkapan ikan, dan merusak alat tangkap ikan milik para nelayan," kata Toni.

Para penggugat menuntut agar para tergugat menghentikan kegiatan usaha Ship To Ship Transfer Batubara di Wilayah Perairan Muara Berau, membayar ganti rugi materiil dan immateriil kepada para penggugat, serta melakukan pemulihan lingkungan laut yang tercemar.

Selain Presiden RI, para tergugat lainnya dalam perkara ini adalah Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Gubernur Kalimantan Timur, serta Bupati Kutai Kartanegara.

Serta Kepala Kepolisian Sektor Kecamatan Muara Badak, Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Samarinda (KP3), Indonesia National Shipowners Association (INSA), serta sembilan perusahaan batubara dan pelayaran. (editor: jon)

 

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kejati-kaltim #tumpahan-batu-bara-muara-berau #pencemaran-lingkungan #kaltim #kalimantan-timur 

Berita Terkait

IKLAN