Senin, 13 Mei 2024 11:46 WIB

Politik

Merespons Manuver Politik PKB Gabung Koalisi Anies Baswedan, Jokowi: Bukan Urusan Presiden

Redaktur: Redaksi
| 200 views

Presiden Joko Widodo. (Sekretariat Negara)

Jakarta, Afiliasi.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara usai PKB merapat ke koalisi Anies Baswedan. Mantan Wali kota Solo ini menegaskan itu bukan urusannya sebagai seorang Presiden.


"Bukan urusan Presiden," kata Jokowi di JCC Senayan, Jakarta dilansir dari Detik.com, Jumat (1/9/2023).

Jokowi mengatakan persoalan koalisi Pilpres 2024 merupakan urusan partai politik. Dia menegaskan hal itu bukan urusannya.

"Urusannya ketua-ketua partai. Urusan partai," ujarnya.

 

 

Diberitakan sebelumnya, muncul duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Duet Anies-Cak Imin itu dibongkar oleh Partai Demokrat. Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya mengatakan keputusan itu diambil sepihak oleh Ketum NasDem Surya Paloh.

"Namun demikian, sesuatu yang tidak terduga dan sulit dipercaya terjadi. Di tengah proses finalisasi kerja parpol koalisi bersama capres Anies dan persiapan deklarasi, tiba-tiba terjadi perubahan fundamental dan mengejutkan," kata Riefky dalam keterangannya, Kamis (31/8).

"Pada Selasa malam, 29 Agustus 2023, di NasDem Tower, secara sepihak Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tiba-tiba menetapkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai cawapres Anies, tanpa sepengetahuan Partai Demokrat dan PKS," imbuh dia.

Dengan duet tersebut, Demokrat pun merasa dikhianati lantaran mulanya Anies 'melamar' ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menjadi cawapres. Kini mereka pun tengah menentukan langkah selanjutnya pada Pilpres 2024.

Sementara itu, PKB yang masih tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju mengusung Prabowo Subianto menegaskan menyambut baik tawaran NasDem untuk ketumnya, Cak Imin, menjadi cawapres Anies. PKB pun akan memfinalisasi keputusannya terkait arah dukungan partainya hari ini.

"Tibalah saatnya untuk lebih maju mengambil keputusan terkait langkah PKB di pilpres ini. Utamanya kabar beredar terakhir terkait tawaran kerja sama dengan NasDem," ujar Jazilul di DPP PKB, Jakarta Pusat, Jumat (1/9). (editor: jon)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #presiden-joko-widodo #jokowi #pilpres-2024 #pemilu-2024 

Berita Terkait

IKLAN