Rabu, 19 Juni 2024 09:15 WIB

Kuliner

Punya Manfaat Tak Main-main, Minum Air Lemon Dapat Mencegah Batu Ginjal

Redaktur: Redaksi
| 1.046 views

Air lemon

Afiliasi.net - Tak cuma kesegaran, sejumlah manfaat mengonsumsi air lemon di pagi hari tak main-main.
Minuman yang identik dengan rasa kecut ini juga menjadi kebiasaan populer di kalangan banyak orang. Lantas, apa yang membuat minuman sederhana ini menjadi ritual begitu digemari dan baik untuk kesehatan?

Menurut dokter spesialis penyakit dalam Cleaveland Clinic Roxanne B Sukol, MD, MS, berikut adalah empat manfaat air lemon bagi tubuh

1. Melancarkan Pencernaan

Asam yang terkandung dalam lemon membantu memecah makanan. Itulah sebabnya mengapa ada begitu banyak asam dalam perut manusia.

2. Menjaga Tubuh Terhidrasi

Air adalah kebutuhan penting bagi tubuh. Tanpa mengonsumsinya, manusia hanya dapat bertahan hidup selama beberapa hari. Faktanya, air dibutuhkan menjadi asupan di tubuh hingga 75 persen untuk bayi dan 55 persen usia dewasa.

Sementara lemon bisa membantu memberikan rasa pada air putih yang mungkin meningkatkan keinginan orang untuk terus terhidrasi.

3. Pangkas Berat Badan

Karena kemampuannya yang dapat membantu meningkatkan hidrasi dalam tubuh, air lemon sering kali dipercaya sebagai strategi dalam penurunan berat badan.

Segelas air lemon juga hanya mengandung enam kalori. Walhasil, lemon merupakan pilihan minuman rendah kalori yang dapat menggantikan minuman berkalori tinggi atau minuman manis.

4. Mencegah Batu Ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal. Sitrat yang dikandungnya dapat membuat urine kekurangan asam bahkan dapat memecah batu-batu kecil.

National Kidney Foundation menyarankan untuk mencampurkan 100 gram perasan lemon dengan air sebagai obat diet pelengkap di samping obat lain untuk pencegahan batu ginjal. (editor: jon)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #air-lemon #manfaat-air-lemon 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler