Kamis, 02 Mei 2024 06:28 WIB

Advetorial

Jelang Pemilu 2024, FKDM Bersama Kesbangpol Kutim Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Deteksi Dini Potensi ATHG

Redaktur: Redaksi
| 43 views

Suasana Bimtek Peningkatan Kapasitas Anggota FKDM Dalam Upaya Deteksi Dini Potensi ATHG Pemilu 2024. (ist)

Sangatta, Afiliasi.net - Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan menghadapi Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG) yang mungkin muncul menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bersama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutim menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek).

Kegiatan yang bertempat di Ruang Aula Badan Kesbangpol, Bukit Pelangi, Kutim, pada Senin (13/11/2023) ini, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas anggota FKDM dalam mendeteksi potensi ATHG jelang Pemilu 2024 sedari dini

Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Kesbangpol Kutim, M. Yusuf Syah, yang mewakili Kepala Kesbangpol Kutim, membuka acara Bimtek tersebut dengan didampingi Ketua FKDM Khoirul Arifin.

"Dalam menangani konflik, diperlukan kemampuan aparat dalam mendeteksi potensi konflik, menganalisa potensi konflik dan menyusun strategi untuk menyelesaikannya konflik seefektif mungkin dalam waktu relatif yang singkat,” ucap Yusuf.

Dirinya juga menekankan pentingnya pengkajian mendalam guna menyusun kebijakan serta strategi penanganan yang efisien dan tepat sasaran.

"Dengan adanya pelatihan Bimtek ini, dapat atau mampu meningkatkan kualitas dan akurasi dalam melakukan pencegahan konflik sejak dini di wilayah Kutim," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua FKDM Kutim Khoirul Arifin, menyambut baik pelaksanaan Bimtek ini sebagai upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) FKDM dalam menjalankan fungsi deteksi dini potensi ATHG.

"Melalui pelatihan Bimtek ini, seluruh anggota FKDM bisa memerankan tugas dan fungsinya, berkaitan dengan pendeteksian dan pencegahan dini terhadap potensi ATHG pada pemilu 2024.

Ia juga mengungkapkan bahwa FKDM telah menjalin kerjasama dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kutim untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan membantu memastikan kelancaran pesta demokrasi 2024.

"Tujuan bimtek ini untuk memberikan materi-materi tentang upaya-upaya pembuatan laporan informasi yang sesuai dengan kode etik atau standar pemberitaan media," pungkasnya.

Diketahui, kegiatan Bimtek tersebut dihadiri, Kepala Kesbangpol Kutim, Basuni, Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Kesbangpol Kutim, M. Yusuf Syah, Ketua FKDM Kutim Khoirul Arifin beserta jajarannya dan menghadirkan pemateri dari Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) Qadlie Fachruddin Sulaiman.(Adv).

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kutim #fkdm #pemilu-2024 #athg-pemilu #kesbangpol-kutim 

Berita Terkait

IKLAN