Senin, 06 Mei 2024 05:12 WIB

Advetorial

Diskominfo Staper Kutim Mengadakan Kampanye Smart City untuk Atasi Tantangan Perkotaan

Redaktur: Redaksi
| 340 views

Diskominfo Staper Kutim saat Sosialisasi Smart City.

Kutim, Afiliasi.net - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo Staper) Kabupaten Kutai Timur menggelar kegiatan Sosialisasi Smart City di Ruang D’loung, Hotel Royal Victoria, Sangatta, pada Rabu (22/11/2023).

Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kutim, Poniso Suryo Renggono, secara resmi membuka kegiatan yang dihadiri oleh narasumber Suparmin, Kepala Diskominfo Staper Kabupaten Kutim, Sekretaris Diskominfo Staper Kabupaten Kutim, dan Kepala Bidang di lingkungan Diskominfo Staper Kabupaten Kutim.

Poniso menyampaikan bahwa tantangan perkotaan yang dihadapi oleh Kabupaten atau kota di seluruh dunia memerlukan penanganan serius. Sebanyak 50% populasi dunia tinggal di daerah perkotaan, dan perkiraan ini diperkirakan akan terus meningkat menjadi enam puluh persen, menimbulkan tekanan besar pada infrastruktur seperti perumahan, transportasi, air, listrik, dan layanan kota lainnya.

Belanja modal yang besar diperlukan untuk menata ulang dinamika kehidupan sosial di perkotaan, namun pemerintah daerah terbatas dalam hal personil, anggaran, dan sarana. Poniso meyakini bahwa Konsep Smart City dapat menjadi solusi yang tepat dengan pendekatan yang komprehensif, inklusif, efektif, dan efisien.

"Dengan memanfaatkan teknologi informasi yang inovatif dan kreatif, kita dapat mengatasi permasalahan yang semakin kompleks," ujarnya. Ia juga berharap bahwa penerapan teknologi informasi di berbagai aspek akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses.

Poniso menegaskan bahwa mewujudkan konsep Smart City membutuhkan keseriusan dan usaha gigih dari semua elemen, baik pemerintah maupun masyarakat. Melalui Smart City, diharapkan terjadi sinkronisasi dan sinergi perencanaan, mempercepat pengembangan Smart City yang efisien dan efektif di Kabupaten Kutai Timur. (ADV)

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #smart-city #pemkab-kutim 

Berita Terkait

IKLAN