Senin, 06 Mei 2024 04:48 WIB

Advetorial

Pemkab Kutim Melangkah Menuju Kota Cerdas dengan Enam Dimensi Smart City

Redaktur: Redaksi
| 364 views

Diskominfo Staper Kutim saat Sosialisasi Smart City.

Kutim, Afiliasi.net - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo Staper) Kutai Timur (Kutim) mengadakan Sosialisasi Smart City di Hotel Royal Victoria, Sangatta, Teluk Lingga, Kutim, pada Rabu (22/11/2023), sebagai bagian dari persiapan pemerintah kabupaten untuk menjadi kota cerdas.

Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setkab Kutim, Poniso Suryo Renggono, dan Sekretaris Diskominfo Staper Kutim, Rasyid, turut hadir dalam kegiatan tersebut. Suparmin dari Diskominfo Kaltim juga menjadi narasumber dalam acara tersebut.

Kepala Diskominfo Staper Kutim, Ery Mulyadi, melalui Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Staper Kutim, Diar Fauzi Wiranata RA, menyampaikan bahwa pemerintah telah memulai langkah-langkah untuk mewujudkan kota cerdas melalui enam dimensi Smart City, melibatkan Smart Government, Smart Economy, Smart Living, Smart Branding, Smart Society, dan Smart Environment.

"Dalam upaya meningkatkan program smart city, dilakukan evaluasi tahap kedua, di mana hasilnya menjadi dasar untuk perbaikan dan pengembangan inovasi yang relevan dengan kondisi terkini," ucap Diar.

Ia juga menyatakan perlunya pedoman dan acuan dalam menjaga kesinambungan program yang berjalan dengan baik, serta mengembangkan inovasi yang sesuai dengan perkembangan terkini, untuk mewujudkan Kutai Timur sebagai kota cerdas yang lebih unggul dan kompetitif.

Asisten Pemkesra Setkab Kutim, Poniso Suryo Renggono, menyoroti konsep pembangunan smart city sebagai langkah menuju pembangunan berkelanjutan dengan fokus pada inovasi untuk kesejahteraan masyarakat.

"Peningkatan keterampilan dan profesionalitas pegawai serta pembentukan pola pikir, sikap, dan karakter masyarakat yang lebih baik menjadi kunci kesuksesan dalam pembangunan smart city," ujar Poniso.

Poniso juga menekankan bahwa program Smart City Kutim terus berfokus pada pemanfaatan teknologi, pembangunan, dan perubahan perilaku masyarakat, dengan tujuan menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan makmur. Langkah ini dianggap sebagai upaya signifikan pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui penerapan teknologi dan transformasi perilaku masyarakat. (Adv)

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #smart-city #diskominfo-staper-kutim #pemkab-kutim #konsep-smart-city 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler