Senin, 29 April 2024 06:07 WIB

Advetorial

Peringatan HGN ke-78 dan HUT PGRI 2023, Bupati Kutim Bahas Soal Merdeka Belajar

Redaktur: Redaksi
| 270 views

Suasana peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), di Halaman Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelangi, Kamis (30/11/2023).

Kutim, Afiliasi.net - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional ke-78 sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), di Halaman Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelangi, Kamis (30/11/2023).

Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, menjadi inspektur upacara dan membacakan sambutan istimewa dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Bupati Ardiansyah menyampaikan keyakinannya terhadap peran guru sebagai nakhoda dalam mewujudkan visi-misi Merdeka Belajar.

"Saya yakin bahwa Ibu dan Bapak guru sebagai nakhoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal Merdeka Belajar," ucap Bupati Ardiansyah Sulaiman.

Beliau menyoroti peluncuran Kurikulum Merdeka sebagai tonggak penting dalam perjalanan pendidikan di Indonesia, khususnya di Kutim.

"Kurikulum ini menjadi sorotan karena tidak hanya mengurangi beban materi bagi murid, namun juga memberi keleluasaan kepada guru untuk menjalankan kreativitas dan inovasi dalam proses pembelajaran," jelasnya.

Ardiansyah Sulaiman juga mengakui ruang yang semakin terbuka bagi guru untuk berbagi dan belajar sesama melalui platform Merdeka Mengajar. Jutaan guru di seluruh Indonesia kini terhubung, saling belajar, dan memberi inspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

"Semua ini membuat saya percaya bahwa Hari Guru Nasional tahun ini bukanlah salam perpisahan. Sebaliknya, peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia," jelasnya.

Acara dihiasi dengan penghargaan bagi guru berprestasi dari berbagai kecamatan di Kutim. Sebagai penutup yang meriah, siswa-siswi SMP Negeri 1 Sangatta Utara memukau dengan pertunjukkan tari daerah.(Adv)

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #ardiansyah-sulaiman #merdeka-belajar #hgn #hari-guru 

Berita Terkait

IKLAN