Senin, 06 Mei 2024 12:49 WIB

Advetorial

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman Dorong Pengelolaan Pertanian Berkelanjutan di Desa Suka Rahmat

Redaktur: Redaksi
| 292 views

Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, saat kunjungan kerja (kunker) ke Desa Suka Rahmat, Kecamatan Teluk Pandan. (Istimewa)

Kutim, Afiliasi.net - Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, mengikuti kunjungan kerja (kunker) ke Desa Suka Rahmat, Kecamatan Teluk Pandan, dalam rangka kegiatan Pertanian Berkelanjutan dan Terpadu (PKT) oleh Kelompok Tani (Poktan) Qoryah Mubarokah yang didukung oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) pada Selasa (5/12/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Ardiansyah ditemani oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kutim, Dyah Ratnanigrum, Perwakilan PT PKT, Ridwan, dan Ketua TP PKK Kutim, Siti Robiah Ardiansyah. Selama acara, Bupati menyerahkan sertifikat kepada Poktan Qoryah Mubarokah dan melakukan peninjauan Smart Green House (SGH).

Dalam sambutannya, Bupati Ardiansyah Sulaiman menjelaskan bahwa Kutim memiliki potensi alam yang luar biasa dan harus dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan pangan. Ia menyebut Kutim sebagai "Magic Land," dengan segala kekayaan alamnya, seperti laut, dasar laut, biota laut, daratan, kekayaan tambang (emas kuning dan batu bara). Menurutnya, Kutim merupakan wilayah sawit terbesar di Kalimantan Timur, dan penting untuk bijaksana dalam mengelolanya.

Pemerintah Kabupaten Kutim sangat fokus pada isu pangan karena dianggap sebagai persoalan global. Bupati Ardiansyah Sulaiman memberikan contoh tentang Kampung Sehat Gemar Menanam di Sangatta Utara, di mana masyarakat didorong untuk menanam tanaman konsumsi di halaman pekarangan mereka agar dapat meningkatkan ketahanan pangan.

"Saya ingin semua lembaga terlibat dalam memberikan dukungan terhadap ketahanan pangan, supaya tidak ada celah masyarakat Kutim bermasalah dengan ketahanan pangan," tutur Bupati. Ia menyoroti upaya peningkatan keterlibatan masyarakat dalam penanaman tanaman konsumsi di halaman rumah untuk mengurangi dampak masalah pangan. (Adv)

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #potensi-alam-kutim #ardiansyah-sulaiman #pemkabkutim #kunker-bupati 

Berita Terkait

IKLAN