Minggu, 05 Mei 2024 06:22 WIB

Advetorial

Bupati Kutim Hadiri Kegiatan Sangatta Science Fair, Wadah Generasi Muda Kembangkan Minat dan Potensi

Redaktur: Redaksi
| 378 views

Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman saat Menghadiri Sangatta Science Fair.

Kutim, Afiliasi.net - Yayasan Khalifah Cahaya Ummat Sangatta bekerja sama dengan berbagai pihak menggelar Sangatta Science Fair, sebuah acara tahunan yang bertujuan untuk melatih daya pikir kritis, logis, dan sistematis anak-anak melalui pengamatan di alam.

Acara yang digelar di Town Hall Sangatta pada Sabtu, 2 Desember 2023 ini dihadiri oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim Mulyono, pihak PT Kaltim Prima Coal, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan bahwa peneliti sangat penting bagi perkembangan suatu bangsa. Hasil penelitiannya dapat menghasilkan produk yang dapat menunjang sektor industri maupun kemudahan bagi masyarakat.

Menurut Bupati, alasan profesi peneliti di Indonesia masih sangat minim adalah karena faktor dukungan secara moril dan finansial yang belum layak. Hal ini juga yang menyebabkan kurang minatnya generasi muda untuk bergelut di profesi sebagai periset.

Oleh karena itu, Bupati mengimbau agar para orang tua harus peka pada minat dan kemampuan anak. Rasa penasaran anak harus diarahkan pada koridor yang baik, jangan sampai dibiarkan.

"Pendampingan serta motivasi yang baik harus diajarkan kepada anak – anak kita. Jika tidak diawasi dengan baik, dikhawatirkan ke arah yang kurang baik," ujarnya.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Khalifah Ummat Sangatta serta seluruh stakeholder yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. 

“Kita berharap kegiatan ini menjadi lokomotif bagi anak-anak yang minatnya dalam science, sehingga kedepannya mampu menjadi periset Indonesia yang membanggakan,” harapnya.

Kepala Disdikbud Kutim Abbas Husaeni mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan kurikulum Merdeka Belajar yang memberikan kesempatan kepada anak didik untuk mengembangkan minat dan potensinya.

Ia juga menyambut baik dan siap mendukung serta bekerjasama dalam setiap kegiatan pendidikan formal maupun non formal.

Pembina Yayasan Khalifah Cahaya Ummat Nurul Karim menyebutkan bahwa Sangatta Science Fair merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan hampir di semua sekolah alam di Indonesia. Tujuannya agar anak-anak dapat melatih daya pikir secara ilmiah, inovatif, dan solutif. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dan kemampuan menyampaikan ide dan pengamatan secara verbal.

Diketahui, total anak yang terhimpun dalam Sekolah Alam (Salam) Sangatta sebanyak 40 siswa. Sejumlah prestasi juga telah diraih anak-anak Salam dalam mengharumkan nama Kutim, baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun Nasional.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Sekolah Alam Sangatta antara lain Salam Camp, Sehati bersama Ayah, Cooking Class, Outbound, dan Green Lab.(Adv)


Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #sangatta-science-fair #ardiansyah-sulaiman #pemkab-kutim 

Berita Terkait

IKLAN