Selasa, 17 September 2024 02:20 WIB

Nusantara

Penipu Online Lancar Beraksi, Pamer di Medsos Jadi Penyebabnya

Redaktur: Siti Mu'ayyadah
| 127 views

Ilustrasi Penipu Online Lakukan Aksinya (Pexels)

Afiliasi.net - Maraknya penipuan online menjadi kekhawatiran masyarakat luas di Indonesia. Penipu kini lebih mudah melakukan aksinya melalui data-data target yang tersebar secara gratis di dunia maya.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Ketua Tim Insiden Siber Sektor Keuangan, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Sandromedo Christa Nugroho menyampaikan kebiasan menunjukkan kegiatan sehari-hari di media sosial menjadi kemudahan bagi pelaku penipuan online untuk menelisik informasi pribadi seseorang. Dengan informasi pribadi tersebut, penipu dapat dengan mudah mengetahui dan menyedot habis isi rekening korban.

"Yang sekarang Gen Z suka banget update. Lagi makan update, lagi di mana update. Sebenarnya memancing serangan untuk bisa mem-profiling seseorang dengan mudah," ungkapnya dalam acara Peluncuran Gerakan Tanpa Tipu-Tipu di Jakarta pada Kamis (30/11/2023).

Sandromedo menyampaikan laporan serangan siber setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Contohnya saja pada 2020 ke 2021 terdapat peningkatan hingga 230% laporan serangan siber.

Dia juga menyebutkan bahwa Indonesia sedang masuk dalam transformasi digital. Hanya saja, kesiapan dalam menerima perubahan tersebut belum jelas. Masyarakat masih perlu memahami literasi digital dengan baik.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #penipu-online #gen-z #pembobolan-rekening #update-medsos 

Berita Terkait

IKLAN