Minggu, 05 Mei 2024 05:06 WIB

Advetorial

Festival Kemilau Batik Kutim: Memajukan Batik Lokal dan Menggerakkan Ekonomi UMKM

Redaktur: Redaksi
| 389 views

Kepala Dispar Kutim, Nurullah. (Istimewa)

Kutim, Afiliasi.net - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menghadirkan gemerlap seni dan promosi batik lokal melalui Festival Kemilau Batik (FKB). Lebih dari sekadar pameran busana, FKB menjadi panggung kreativitas desainer lokal dan motor penggerak perekonomian masyarakat, terutama pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kutim.

Festival ini berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 2 Desember hingga 3 Desember 2023, di Polder Ilham Maulana Sangatta. Acara mencapai puncak kegemilangan pada malam spesial, Minggu (3/12/2023), dengan kehadiran bintang tamu penyanyi ibu kota, Zinidin Zidan dan Yaya Nadila.

Diselenggarakan oleh Dispar Kutim, FKB berhasil menampilkan ragam kreasi batik khas daerah, dari desain kasual hingga busana resmi. Kepala Dispar Kutim, Nurullah, menegaskan bahwa festival ini bukan hanya sebagai wadah promosi batik daerah, tetapi juga sebagai dukungan bagi desainer lokal, baik yang sudah mapan maupun yang masih pemula.

"Kita berharap batik-batik di Kutai Timur ini mendapatkan wadah dan mendapatkan tempat untuk bisa kita promosikan," ucap Nurullah.

Selain mempromosikan batik, festival ini memberikan dukungan kepada desainer lokal yang memiliki hak paten atas karyanya maupun yang masih dalam tahap perkembangan. Menurut Nurullah, FKB menjadi sarana bagi desainer untuk menampilkan karya-karyanya.

"Festival Kemilau Batik ini tidak hanya menjadi pesta seni dan keindahan busana, tetapi juga menjadi ajang yang memberikan semangat baru bagi para penggiat batik dan pelaku UMKM di Kutim. Dengan meningkatnya promosi dan apresiasi terhadap batik lokal, diharapkan dapat memberikan dampak positif pada peningkatan pendapatan para pelaku UMKM," tandasnya. (Adv)

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kutim #kemilau-batik-kutim #festival-di-kutim 

Berita Terkait

IKLAN