Minggu, 05 Mei 2024 09:44 WIB

Advetorial

Kampung Bahari Nusantara Muara Gabus Diresmikan, Jadi Ikon Baru Sangatta

Redaktur: Redaksi
| 394 views

Peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Muara Gabus, Dusun Sendawar, Kelurahan Singa Geweh, Kecamatan Sangatta Selatan, pada Senin (4/12/2023) pagi.

Sangatta, Afiliasi.net - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sangatta meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Muara Gabus, Dusun Sendawar, Kelurahan Singa Geweh, Kecamatan Sangatta Selatan, pada Senin (4/12/2023) pagi. Penandatanganan prasasti dilakukan oleh Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar.

Seremoni peresmian KBN Muara Gabus ini turut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Poniso Suryo Trenggono yang mewakili Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman. 

Momen bersejarah ini turut disaksikan Ketua DPRD Kutim Joni, Ketua dan Pengurus Jalasenastri Lanal Sangatta Ny Erwin Rudi Iskandar dan unsur Forkopimda, Sekcam Sangatta Selatan Rusmiyati, para Ketua RT dan undangan lainnya.

Mewakili Pemkab Kutim, Asisten Pemkesra Seskab Poniso Suryo Trenggono mengatakan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan peresmian KBN oleh Lanal Sangatta.

"Karena Kampung Bahari Nusantara Muara Gabus ini merupakan Ikon Sangatta. Nantinya diharapkan terjadi kolaborasi TNI AL dengan masyarakat sekitar Muara Gabus, sehingga memberikan nilai tambah bagi masyarakat," harapnya.

Poniso mengatakan, kehadiran KBN Muara Gabus akan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan. Hal ini didukung dengan keberadaan fasilitas-fasilitas yang ada di KBN, seperti klinik kesehatan, pendidikan, wisata, sarana ibadah, dan lain-lain.

Sementara itu Komandan Lanal Sangatta Letkol (P) Rudi Iskandar menjelaskan, peresmian KBN dipusatkan di Pasmar II Surabaya. Namun, pangkalan lain dilaksanakan secara daring serentak di Pangkalan TNI AL seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, ia menuturkan Lanal Sangatta pada 2023 ini meresmikan KBN yang berlokasi di Muara Gabus. Saat ini terdiri dari beberapa klaster, antara lain klaster pendidikan, klaster kesehatan, dan klaster wisata.

"Untuk klaster ekonomi sedang proses dibangun dan diharapkan dalam waktu tidak lama akan digunakan juga," ucap Letkol (P) Rudi Iskandar.

Danlanal menambahkan, tujuan dibangunnya KBN adalah untuk menciptakan masyarakat pesisir yang sejahtera, dengan potensi sumber daya alam yang dimilikinya.

"Kami juga berharap KBN Rawa Gabus ini, menjadi kampung bahari dengan menonjolkan wisata. Selain wisata, diharapkan akan meningkatkan taraf hidup di masyarakat, seperti pertanian dan perkebunan dan kesehatan," pungkasnya.(Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kampung-bahari-nusantara #pemkab-kutim 

Berita Terkait

IKLAN