Jumat, 01 Maret 2024 02:06 WIB

Nusantara

Temuan "Harta Karun" Super Langka di Bledug Kuwu Jateng

Redaktur: Siti Mu'ayyadah
| 168 views

Bludug Kuwu (Kompas.com)

Afiliasi.net - Laporan dari Banada Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bahwa terdapat penemuan sumber daya lithium di wilayah Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah (Jateng). Penemuan"Harta karun" yang langka dikaji langsung oleh ESDM.

Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral, Batu Bara, dan panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM, Moehammad Awaluddin menyebutkan sumber daya lithium tersebut berasal dari brine system, lumpur dan air. Setelah dikaji, terdapat hingga sepuluh kali lipat kadar lithium pada sampel air dan lumpur di wilayah tersebut.

"Menurut kita yang lebih menarik itu justru di Bledug Kuwu itu di Grobogan, Jawa tengah. Makanya kita fokus di sana," ujar Awaluddin dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (7/12/2023).

Ia juga menyebutnya kini kajian mereka tengah fokus ke wilayah tersebut. Potensi dari lithium sendiri yang ditemukan di wilayah tersebut mencapai 1000 PPM.

Sebagai informasi, lithium merupakan logam alkali yang paling ringan reaktif, dan memiliki nilai jual tinggi karena banyak digunakan dalam berbagai aplikasi industri karena banyak digunakan dalam berbagai aplikasi industri, seperti untuk bahan baterai, paduan logam, dan aditif pada keramik, gelas serta polimer.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #lithium #bludug-kuwu #jateng 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler