Minggu, 28 April 2024 11:41 WIB

Nusantara

Baliho Jokowi"Alumnus Paling Membanggakan" Jadi Balasan Aksi Gielbran BEM UGM

Redaktur: Redaksi
| 91 views

Baliho Jokowi "Alumnus Paling Membanggakan" di Kawasan Bundara UGM, Sleman, Yogyakarta (Detik Jogja)

Afiliasi.net - Baliho bertuliskan "Alumnus Paling Membanggakan" dengan gambar Presiden RI Joko Widodo terpasang dengan ukuran besar di kawasan Bundaran Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Yogyakarta, pada Jumat (15/12/2023).

Sebelumnya, di kawasan yang sama, terdapat baliho besar yang berisikan kritikan terhadap Jokowi dari Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BM KM) UGM pada Jumat (8/12/2023) lalu. Pada baliho tersebut bertulisan kata-kata 'BEM KM UGM Presents: Penyerahan Nominasi Alumnus UGM Paling Memalukan. Mr. Joko Widodo'. 

Pemasangan baliho tersebut merupakan bentuk kekecewaan anggota BEM UGM terhadap cara kerja Jokowi pada masa kepemimpinannya. Ketua BEM KM UGM Gielbran M. Noor mengaku merasa jijik terhadap presiden Indonesia. Hal tersebut disampaikannya pada suatu diskusi Kamis (7/12/2023).

"Tidak ada momentum yang lebih tepat daripada sekarang untuk menobatkan beliau (Jokowi) sebagai alumnus UGM yang paling memalukan," ujar Gielbran, dikutip dari Suara.com.

Kritikan BEM UGM terhadap Presiden Jokowi mendapat banyak komentar negatif dan dianggap merupakan sebuah penghinaan. Pertanyaan dari Gielbran juga menuai pro-kontra dari kalangan masyarakat Indonesia.

Salah satu bentuk pertentangan terhadap aksi dari BEM KM UGM, terpasang sebuah baliho yang menyatakan kebalikannya. Dengan desain yang sama, baliho tersebut bertulisan 'BEM UGM (Badan Etik Mahasiswa UGM) Present: Penyerahan Nominasi Alumnus UGM Paling Membanggakan (Presiden Pertama dari UGM)', dilansir dari CNNIndonesia.com.

Sebelumnya, juga terdapat sebaran undangan pada pesan WhatsApp bertuliskan "PENYERAHAN NOMINASI: Alumnus Paling Membanggakan kepada Presiden" dengan nama Feri Cadang yang tercantum sebagai Ketua BEM UGM.

Aksi tersebut dijadwalkan mulai pada hari yang sama pukul 14.00 WIB di kawasan bundaran UGM. Akan tetapi, sampai pukul 16.00 WIB lebih aksi itu tak kunjung terlaksana dan lokasi terpantau sepi. Hingga menjelang waktu maghrib, barulah baliho tersebut terpantau sudah terpasang.

Sementara itu dari pihak Gielbran yang masih menjabat sebagai ketua BEM itu menyatakan baliho tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan BEM KM UGM.

"Tidak ada kaitannya dengan BEM KM dan itu entitas yang terpisah. Justru saya baru dengar ini ada Badan Etik Mahasiswa, itu mungkin buatan secara mendadak gitu karena saya sama sekali tidak pernah mendapatkan informasi itu," kata Gielbran saat dihubungi oleh CNNIndonesia.com, Jumat (15/12/2023).

Kemudian dari media lain menyebutkan bahwa baliho "nominasi paling membanggakan" telah dilepas pada Sabtu pagi ini.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #universitas-gadjah-mada #presiden-ri #joko-widodo #yogyakarta 

Berita Terkait

IKLAN