Minggu, 12 Mei 2024 02:28 WIB

Nusantara

Tuding Gibran Gunakan Earphone Saat Debat Cawapres, Roy Suryo Dilaporkan ke Polisi

Redaktur: Redaksi
| 79 views

Roy Suryo Dilaporkan ke Polisi (detik.com)

Afiliasi.net - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dilaporkan ke polisi pada Selasa (2/1/2024) lalu. Laporan tersebut merupakan buntut dari tudingan Roy Suryo terhadap cawapres nomor urut 2 mengenakan earphone khusus pada saat debat cawapres lalu.

Dalam tudingannya Roy menyebutkan bahwa Gibran menggunakan tiga alat pada saat acara debat berlangsung. Adapun tiga alat yang dimaksud berupa clip on, hand held, dan earphone.

Sontak tuduhan tersebut dibantah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pihaknya menyebutkan tidak ada perlakuan khusus yang mereka berikan kepada Gibran. Setiap cawapres diberikan tiga mikrofon yang sama untuk mencegah adanya disfungsi pada pengeras suara.

Konsorsium penyelenggara debata yaitu, Transmedia, KompasTV, dan BTV juga menanggapi tuduhan tersebut. Mereka menyebutkan tidak ada perlakuan khusus yang diberikan kepada masing-masing peserta debat.

Buntut dari permasalahan tersebut menyebabkan Roy Suryo dilaporkan ke polisi. Laporan tersebut diberikan oleh pihak Pilar 08 pada Selasa (2/1/2024). 

"Bukan hanya Gibran saja yang dituduh melakukan kecurangan, tetapi KPU RI dalam cuitannya tersebut, sehingga cuitan kebohongan itu dibantah langsung oleh KPU RI dan Surat Pernyataan Bersama Konsorsium Stasiun TV Penyelenggara Debat Cawapres ke-2," ungkap Ketua Bidang Hukum Pilar 08 Hanfi Fajri.

Laporan itu terdaftar dengan nomor LP/B/3/I/2023/SPKT/Bareskrim Polri tertanggal 2 Januari 2024. Terlapor adalah pemilik/pengguna/penguasa akun X atas nama @KRMTRoySuryo1.

Roy Suryo dilaporkan dengan pasal tindak pidana ujaran kebencian, berita bohong, sebagaimana Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45A Ayat (2) UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 14 KUHP dan/atau Pasal 15 KUHP dan/atau Pasal 207 KUHP.

Editor: Siti Mu'ayyadah 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #laporan-pencemaran-nama-baik #roy-suryo #gibran-dituding #debat-cawapres #debat-pilpres-2024 

Berita Terkait

IKLAN