Minggu, 12 Mei 2024 08:06 WIB

Nusantara

Sosok Ulama NU Indramayu Buya Syakur Meninggal Dunia

Redaktur: Redaksi
| 97 views

Buya Syakur (Sumber Foto: NU Online)

Afiliasi.net - Tokoh ulama senior Nahdlatul Ulama (NU) KH Syakur Yasin dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Cirebon, Jawa Barat pada Rabu (17/1/2024) pukul 02.00 WIB dini hari tadi.

Ulama yang kerap disapa Buya Syakur ini berpulang di umurnya yang ke 75 memasuki 76 tahun. 

Adapun berita kematian Buya Syakur Kabar tersebut diperoleh dari Kiai Rifqiel Asyiq yang bersumber dari orang terdekatnya yang kemudian disebarkan di laman NU Online.

"Innalillahi wainna ilaihi raaji'un. Sampun kapundut dateng kersane Gusti Allah (telah dipanggil ke Rahmatullah) KH. Buya Syakur Yasin Cadangpinggan. Mugi Husnul Khatimah," kata Rifqiel dikutip dari laman NU Online.

Buya Syakur merupakan sosok yang dikenal sebagai ulama asal Indramayu, Jawa Barat. Ia merupakan pengasuh pesantren di Cadangpinggan,Kertasemaya, Indramayu.

Pengajiannya rutin diikuti lintas kalangan. Bahkan, ia seringkali menguatkan pengajiannya itu secara daring melalui kanal Youtubenya.

Buya Syakur lahir di Desa Tulungagung, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Mengutip dari NU Online, pendidikan Buya Syakur ditempuh belasan tahun di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat.

Setelah itu, ia dikirim untuk belajar di sejumlah negara di Timur Tengah dari mulai Irak, Suriah, Libya, Tunisia, hingga Mesir. Bahkan disebutkan pula, Buya Syakur sempat menempuh pendidikan di Oxford, Inggris.

Editor:Siti Mu'ayyadah 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #berita-duka #berpulang #nahdlatul-ulama #indramayu #buya-syakur 

Berita Terkait

Komplikasi Akibat Kanker, Kiki Fatmala Meninggal Dunia

Nusantara

Berita Duka, Pelawak Eko Londo Berpulang

Nusantara

IKLAN