Sabtu, 13 Juli 2024 05:47 WIB

Daerah

Jazilul Wakil Ketua Umum PKB Bantah Cak Imin Maju Pilkada Jatim, Ternyata Bakal Isi Posisi Ini

Redaktur: Redaksi
| 175 views

Cak IminKetua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (Dok. DPR RI)

Afiliasi.net - Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, disebut-sebut bakal mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 sebagai calon gubernur Jawa Timur. 

Berkaitan dengan hal itu, Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid membantah kabar tersebut. Menurutnya, pasangan duet Anies Baswedan di Pilpres 2024 itu tak mungkin maju Pilkada.

"Gus Muhaimin tidak mungkin, ngapain (maju Pilkada Jatim)," ujar Jazilul sebagaimana diberitakan Suara.com, dikutip Sabtu (6/4/2024).

Lebih lanjut, Jazilul menegaskan hingga saat ini tak pernah ada pembahasan bahwa Cak Imin akan maju sebagai cagub Jatim. Pasalnya, ia menyebut Wakil Ketua DPR RI itu akan mengisi posisi yang lebih mulia dibanding sekadar gubernur.

"Sampai hari ini tidak ada pembahasan Gus Muhaimin maju Pilkada Jatim. Gus Muhaimin ada tempat yang lebih mulia daripada Gubernur Jatim," tegasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Syuro PKB, KH Saifullah Ma’shum, buka suara. Menurutnya, akar rumput PKB memang menginginkan Cak Imin maju di Pilkada Jatim 2024 pada bulan November mendatang.

Namun, ia menegaskan keputusan akhir tetap berada di tangan Cak Imin. Shaifullah menyebut PKB akan membiarkan Cak Imin menentukan langkah politiknya sendiri setelah ajang Pilpres 2024.

"Pasti Gus Imin akan mengambil ijtihad politiknya. Biarkan itu diambil dari kejelasan posisi pasca Pilpres 2024," ujar Saifullah dalam keterangannya, Jumat (29/3/2024).

Lebih lanjut, Shaifullah mengatakan tidak mengherankan jika muncul aspirasi Cak Imin maju pada Pilkada Jatim 2024. Apalagi setelah menjadi cawapres pasangan Anies Baswedan di Pilpres 2024, ia menyebut Cak Imin pasti akan mempertimbangkan posisinya matang-matang.

"Kami yakin Gus Imin punya pertimbangan matang terkait apapun langkah politiknya pasca Pilpres. Beliau adalah politisi senior dengan segudang pengalaman politik sehingga tahu kapan waktu tepat untuk melangkah kedepan,” tuturnya. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #cak-imin-pilkada-jatim #cak-imin-pilgub-jatim #muhaimin-iskandar #pkb #jazilul-fawaid 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler