Rabu, 15 Mei 2024 07:09 WIB

Politik

Bacawapres Muhaimin Iskandar Singgung Krisis Pangan dalam Negeri di Rakorwil DPW PKB Kaltim

Redaktur: Redaksi
| 184 views

HADIRI RAKOR - Ketum PKB sekaligus Bacawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dalam Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalimantan Timur, yang berlangsung di Royal Suite Hotel Balikpapan. ist

Balikpapan, Afiliasi.net - Ketua Umum (Ketum) PKB sekaligus Bacawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan memprioritaskan nasib rakyat Indonesia. Janjinya itu bakal dilaksanakan apabila dia bersama Anies Baswedan menang di Pilpres 2024.

Orasi tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalimantan Timur di Royal Suite Hotel Balikpapan, Sabtu (30/9/2023).

Dia memberikan contoh bersamaan dengan harga beras yang tengah melambung tinggi.

Di mana, hal itu disebabkan lantaran stok atau produk dalam negeri hampir tidak berdaya. Sehingga bergantung impor dari luar negeri.

Cak Imin mengatakan bahwa Indonesia harus segera hijrah dari ketidakberdayaan pangan dengan menjadi kemandirian dan kedaulatan pangan.

"Kita harus hijrah dari ketergantungan impor, menjadi bangsa yang mandiri dan kokoh dalam produksinya," ujarnya.

Belum lagi persoalan iklim dan cuaca yang tidak menentu, sehingga dikhawatirkan negara produsen pangan akan menghentikan ekspornya ke Indonesia.

"Ini artinya kita akan mengalami hambatan yang disebut krisis pangan nasional," ucap Cak Imin.

Salah satu contoh yang menurutnya harus diubah yakni cara kerja pembangunan pertanian di Indonesia.

Dengan mencari terobosan pembangunan pertanian yang efektif, kemudian Pemerintah turun tangan untuk mengambil prioritas pokok.

Cak Imin menegaskan bahwa Indonesia harus mandiri dan kuat dalam produksi pangan dan swasembada pangan nasional.

"Kita bukan hanya mampu memberikan pemenuhan kebutuhan dalam negeri, tetapi yang paling pokok adalah kita juga harus menopang pangan dunia," ujar Cak Imin.

"Inilah yang disebut berubah dan hijrah dari keterpurukan, ketergantungan menjadi kokoh dan mandiri," pungkasnya. (editor: jon)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #muhaimin-iskandar #pkb #pemilu-2024 #pilpres-2024 

Berita Terkait

IKLAN