Minggu, 15 September 2024 05:09 WIB

Nusantara

Imbas Pamer Naik Private Jet, KPK Bakal Periksa Kaesang Pangarep-Erina Gudono Terkait Dugaan Gratifikasi

Redaktur: Redaksi
| 95 views

Potret Kaesang Pangarep-Erina Gudono. (Instagram)

Afiliasi.net - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal mendalami dugaan gratifikasi yang menyeret nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Belakangan ini, gaya hidup mewah Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono, memang terus menjadi sorotan publik. Pemantiknya adalah unggahan Insta Story Erina Gudono yang memperlihatkan dirinya menaiki private untuk plesiran ke Amerika Serikat.

Usai dilakukan penelusuran, publik mendapati bahwa private jet yang ditumpangi Kaesang-Erina itu berjenis G650ER. Penyewaan jenis private jet tersebut diketahui merogoh kocek yang tidak sedikit untuk tarif per jamnya.

Alhasil, publik meminta KPK turun tangan mengusut dugaan gratifikasi anak dan menantu Presiden Jokowi itu.

Mneyikapi informasi yang beredar, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, mengatakan pihaknya telah memeriksa dan akan menindaklanjuti dugaan gratifikasi Kaesang-Erina.

“Pimpinan sendiri sebenarnya sudah memerintahkan direktur gratifikasi, tolong dong itu informasi-informasi dari media itu diklarifikasi,” kata Alex di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2024), dilansir dari Suara.com.

“Nggak usah singkat, nggak usah ragu bahwa kita melaksanakan tugas. Itu menjadi perhatian publik, menjadi keprihatinan publik juga, ya kami juga harus peka, kami harus proaktif klarifikasi,” tambah dia.

Selain itu, Alex mengaku telah memberikan instruksi kepada Direktorat Gratifikasi dan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk menelusuri tas-tas mewah milik istri Kaesang.

Meski Kaesang tidak termasuk pejabat publik, Alex menuturkan tidak menutup celah adanya dugaan gratifikasi yang masuk lewat penyalahgunaan fasilitas yang didapatkan Kaesang dari jabatan ayahnya, Jokowi, sebagai presiden.

“Sepanjang patut diduga bahwa pemberian-pemberian fasilitas dan sebagainya ada hubungannya dengan jabatan dari orangtuanya atau kerabatnya,” ujar Alex.

“Ketika itu berupa fasilitas yang diberikan, dalam kapasitas sebagai apa yang bersangkutan menerima fasilitas itu,” tandas dia.

Alex juga menyatakan adanya tuntutan dari masyarakat untuk memperoleh klarifikasi mengenai sumber dana yang digunakan Kaesang untuk memperoleh berbagai fasilitas yang dimilikinya, apakah berasal dari dana pribadi atau dari anggaran negara.

Jika ka Kaesang secara terbuka mengakui bahwa semua fasilitas yang dimilikinya dibeli dengan uang pribadinya tanpa ada pemberian dari pihak lain, maka KPK tidak akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Ketika itu berupa fasilitas yang diberikan, dalam kapasitas sebagai apa yang bersangkutan menerima fasilitas itu,” pungkas Alex. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #kaesang-pangarep #erina-gudono #private-jet-erina-kaesang #kpk #kpk-periksa-kaesnag #kaesang-gratifikasi #jokowi 

Berita Terkait

IKLAN