Minggu, 15 September 2024 05:06 WIB

Nusantara

Mbak Rara Sang Pawang Hujan Mendadak Diminta Pulang dari Aceh, Kenapa Ya?

Redaktur: Redaksi
| 75 views

Potret viral Mbak Rara saat melakukan ritual penolakan hujan di sirkuit MotoGP Mandalika 2022. ( X @MotoGP)

Afiliasi.net - Sosok Rara Isti Wulandari atau akrab disapa Mbak Rara yang selama ini dikenal publik sebagai pawang hujan baru-baru ini dikabarkan diminta pulang dari Aceh.

Saat ini, Aceh tengah disibukkan dengan persiapan sebagai tuan rumah ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Mbak Rara pun dihadirkan untuk melakukan ritual menolak hujan saat PON berlangsung nantinya.

Namun, kehadiran paranormal tersebut di Aceh justru menuai kontroversi. Pasalnya, ritual penolakan hujan yang dilakukan Mbak Rara mendapat penentangan keras dari warga Aceh yang menjunjung tinggi nilai-nilai syariat Islam.

Awalnya, video yang memperlihatkan Mbak Rara sedang melakukan ritual penolahan hujan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, beredar luas di media sosial. Dalam video tersebut, ia tampak membawa sesajen sembari menengadahkan kepala ke langit.

Aksi yang dilakukannya itu sontak saja memicu kontroversi. Masyarakat lokal pun beramai-ramai menyerukan penolakan atas ritual yang dilakukan Mbak Rara.

Menanggapi protes dari masyarakat, Pj Gubernur Aceh Safrizal ZA segera memanggil penanggung jawab proyek Stadion Harapan Bangsa, yakni PT WIKA dan PT Nindya Karya. Kedua perusahaan tersebut diminta mengklarifikasi tindakan yang dinilai bertentangan dengan syariat Islam dan budaya Aceh.

Berikut isi surat dari Pj Gubernur Aceh yang beredar di media sosial:

"Sehubungan dengan aktivitas di Stadion Harapan Bangsa (SHB) yang berkenaan dengan praktek pawang hujan melibatkan Saudari Rara Istiati Wulandari, kami harap Saudara sebagai berikut:

  1. Mengklarifikasi kepada kami terhadap aktivitas tersebut:
  2. Menyampaikan permohonan maaf kepada publik karena kegiatan tersebut bertentangan dengan nilai-nilai syariat Islam;
  3. Segera memulangkan yang bersangkutan agar tidak menimbulkan kegaduhan sekaligus mempublikasikan kepulangannya. 

Demikian untuk dilaksanakan dan terima kasih."

Usai datangnya surat tersebut, Mbak Rara akhirnya dipulangkan dari Aceh melalui Bandara Sultan Iskandar Muda pada Rabu, 28 Agustus 2024. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #rara-pawang-hujan #rara-diminta-pulang-dari-aceh #pon-aceh #mbak-rara-dipulangkan #aceh 

Berita Terkait

IKLAN