Rabu, 18 September 2024 08:25 WIB

Nusantara

Lonjakan Pengungsi Rohingya, 400 Pengungsi Kembali Mendarat di Aceh

Redaktur: Siti Mu'ayyadah
| 121 views

Pengungsi Rohingya Mendarat di Aceh (Liputan6.com)

Afiliasi.net - Pengungsi Rohingya yang berdatangan ke wilayah Aceh semakin bertambah. Pengungsi Islam minoritas Myanmar yang kembali datang berjumlah 400 orang pada Minggu (10/12/2023).

Kedatangan pengungsi Rohingya juga dikonfirmasi oleh Miftah Cut Ade, Kepala Panglima Laut komunitas nelayan di Aceh. Ia menyebutkan dua perahu yang masing-masing membawa 200 pengungsi mendarat di dua kabupaten, Pidie dan Aceh Besar, pada Minggu (10/12/2023) pagi, dilansir dari VOA.

Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) menyebutkan sudah terdapat 1.200 pengungsi Rohingya yang telah berdatangan ke Indonesia sejak November lalu. Kedatangan 400 orang etnis Rohingya tersebut menambah lonjakan pengungsi di Indonesia.

Tingginya jumlah pengungsi yang berdatang ke Aceh menimbulkan reaksi negatif dari media sosial dan juga masyarakat setempat. Mayoritas mereka tidak menyetujui dan menolak kedatangan pengungsi minoritas Islam dari Myanmar tersebut.

Indonesia sendiri bukan negara yang menandatangani konvensi PBB tentang pengungsi 1951. Namun tercatat Indonesia menerima pengungsi ketika mereka tiba di wilayah Indonesia.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pengungsi-rohingya #aceh #unhcr 

Berita Terkait

IKLAN