Kamis, 10 Oktober 2024 03:25 WIB

Daerah

KPK Akan Lelang Aset Kendaraan Mewah Terkait Eks Bupati Kukar

Redaktur: Redaksi
| 56 views

Rita Widyasari Eks Bupati Kukar Kartanegara

Afiliasi.net - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana melelang sebanyak 104 kendaraan yang diduga berkaitan dengan aliran dana Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dalam kasus mantan Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari.

Dilansir dari suara.com, Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu, menyebut bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Direktur Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti, dan Eksekusi (Labuksi) KPK, Mungki Hadipratikto, untuk mempersiapkan proses lelang ini.

Asep mengungkapkan, acara lelang tersebut akan digelar sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) pada Desember 2024, yang rencananya akan berlangsung di Gedung Merah Putih KPK.

"Hari Antikorupsi Sedunia akan dilaksanakan di sekitar Gedung KPK, dan rekan-rekan bisa mengikuti proses lelang tersebut," ujar Asep kepada wartawan, Jumat (27/9/2024).

Kendaraan yang akan dilelang bukan kendaraan sembarangan, melainkan sejumlah kendaraan mewah, di antaranya mobil Porsche, McLaren, serta motor Harley Davidson. Menurut Asep, Rita Widyasari telah menyetujui pelelangan tersebut sebelum proses persidangan dimulai. Hal ini dilakukan untuk mencegah penurunan nilai aset, mengingat kendaraan yang terlalu lama disita cenderung rusak dan kehilangan nilai jualnya.

"Kadang, proses hukum bisa memakan waktu setahun atau dua tahun, dan selama itu nilai aset biasanya akan menurun. Daripada nilainya turun, lebih baik dilelang," ujar Asep.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika, menyatakan bahwa total kendaraan yang disita mencapai 104 unit, terdiri dari 72 mobil dan 32 sepeda motor. Selain kendaraan, KPK juga berhasil menyita uang senilai Rp 8,7 miliar, yang terdiri dari Rp 6,7 miliar dalam mata uang rupiah dan setara Rp 2 miliar dalam bentuk valuta asing.

Penggeledahan untuk kasus ini dilakukan sejak 13 Mei hingga 6 Juni 2024 di tiga lokasi, yakni Jakarta, Samarinda, dan Kutai Kartanegara. KPK juga mengamankan ratusan dokumen dan barang bukti elektronik yang terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi yang melibatkan Rita Widyasari. Penggeledahan mencakup sembilan kantor dan 19 rumah yang diduga terkait dengan pihak-pihak yang terlibat dalam kasus ini.

Lelang kendaraan mewah ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah KPK dalam memaksimalkan pengelolaan aset hasil tindak pidana korupsi, serta memberi pesan kuat tentang pentingnya pemberantasan korupsi di Indonesia. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #rita-widyasari #eks-bupati #kukar #korupsi #lelang #mobil-mewah 

Berita Terkait

IKLAN