Kamis, 10 Oktober 2024 01:24 WIB

Nusantara

TNI Gelar Parade HUT ke-79 di Monas, Presiden Jokowi Pimpin Upacara

Redaktur: Redaksi
| 24 views

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Dalam Rangka HUT TNI ke 79

Afiliasi.net -  Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 hari ini, Sabtu, 5 Oktober 2024, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat. Acara dimulai pukul 07.30 WIB, dengan Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara.

 
Dalam peringatan ini, Presiden Jokowi memeriksa pasukan yang terdiri dari 22 batalyon. Parade HUT TNI kali ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat, Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju.”

 
Sekitar 100 ribu personel TNI terlibat dalam acara ini, termasuk sebagai pasukan upacara, pengawak alutsista, dan peserta demonstrasi. Sebanyak 1.059 alutsista dari tiga matra TNI dipamerkan dalam parade yang melintasi rute Monas, Thamrin, Sudirman, hingga kembali ke Monas.

 
Acara ini terbuka untuk umum, dengan akses masuk bagi masyarakat dari berbagai pintu yang disediakan. Selain parade, perayaan juga dimeriahkan oleh berbagai atraksi militer, termasuk pertunjukan terjun payung dan pesawat tempur Sukhoi.

 
Sebelum perayaan, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, sebagai bagian dari rangkaian HUT TNI.

 
Penjabat Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono, sebelumnya mengimbau agar kantor-kantor di sekitar kawasan Monas menerapkan kebijakan kerja dari rumah (WFH) guna mengurangi kemacetan selama acara berlangsung.

 
Perayaan HUT ke-79 TNI ini diperkirakan akan berlangsung sepanjang hari dan diakhiri dengan pesta rakyat yang menampilkan sejumlah musisi nasional.(*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #hut-tni-79 #presiden-jokowi #pesta-rakyat #tni 

Berita Terkait

IKLAN