Selasa, 14 Mei 2024 12:31 WIB

Daerah

Ratusan Paket Sembako Disalurkan untuk Warga Terdampak Banjir di Samarinda

Redaktur: Fera
| 899 views

Pengangkutan bantuan sembako untuk 4 kecamatan di Samarinda. (Achmad/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Tujuh ratus paket sembako telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Samarinda untuk disalurkan kepada korban banjir dan tanah longsor.

Diketahui, hujan yang mengguyur Kota Samarinda pada, Minggu sore, 29 Agustus 2021 mengakibatkan beberapa wilayah terendam banjir, bahkan terjadi tanah longsor yang mengakibatkan bangunan rumah warga tertimbun.

Dari data yang dihimpun sejak kemarin, tercatat 4 kecamatan mengalami dampak serius, yakni Kecamatan Sungai Kunjang, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kecamatan Palaran dan Kecamatan Samarinda Ulu.

Kecamatan Sungai Kunjang, jumlah warga terdampak banjir sebanyak 563 Kepala Keluarga (KK) dari 4 kelurahan. Kelurahan Loa Bakung, Loa Buah, Loa Bahu dan Karang Asam Ilir.

Kecamatan Loa Janan Ilir 665 KK dari 2 kelurahan, Kelurahan Tani Aman dan Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Palaran 159 KK dari 2 kelurahan, Kelurahan Bukuan dan Kelurahan Handil Bakti, Kecamatan Samarinda Ulu 100 KK dari beberapa kelurahan.

Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda, Sugeng Chairuddin mengatakan, bahwa Pemkot Samarinda atas perintah Wali Kota Samarinda Andi Harun diminta segera melakukan koordinasi untuk membahas penanggulangan sementara banjir yang terjadi kemarin sore hingga malam hari.

Bantuan ini dikhususkan untuk wilayah yang akses transportasi terputus untuk memenuhi kebutuhan logistik.

"Ini untuk yang terputus aksesnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," jelasnya.

Bantuan Sembako Disalurkan

Bantuan paket sembako dari Pemkot Samarinda telah disiapkan sejak sore hari. 4 kecamatan yang diwakilkan langsung oleh masing-masing Kepala Camat telah mengambil paket bantuan sembako sesuai data warga terdampak banjir dan tanah longsor di masing-masing tempat.

Camat Loa Janan Ilir Syahrudins menuturkan, pihaknya akan sesegera mungkin menyalurkan bantuan warga terdampak banjir. Pendistribusian bantuan, akan dibantu oleh Ketua RT, tim relawan serta melibatkan warga setempat.

"Kami akan lihat kondisi dulu dalam pendistribusian, tapi akan kami usahakan hari ini dibagi kepada warga," ucapnya.

Senada dengan Syahrudins, Camat Palaran Suwarso, juga telah mengambil bantuan sembako untuk segera disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

"Pokoknya kita ingin secepatnya, kalau malam ini bisa dilakukan kita akan distribusikan secapatnya bantuan ini," tuturnya.

Suwarso menambahkan, bahwa pihaknya bersama tim relawan dan LPM juga telah bergerak membantu warga untuk bantuan awal.

"Sejak tadi malam relawan sudah bergerak untuk mengindentifikasi titik banjir, memantau dan langsung melaporkan secepatnya kondisi dilapangan," ungkapnya.

Hingga sore hari, Pemkot Samarinda di bawah pengawasan Kabag Kesra Pemkot Samarinda Abdul Jami terus bekerja melakukan pengangkutan bantuan logistik untuk 4 kecamatan. Kegiatan ini dibantu langsung oleh tim Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Samarinda. (*)

Penulis: Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #bantuan-warga-samarinda #banjir-di-samarinda #sugeng-chairuddin 

Berita Terkait

IKLAN