Minggu, 05 Mei 2024 07:43 WIB

Daerah

Dari Kemping di Lokasi IKN Nusantara, Jokowi Sebut Pembangunan Awal Adalah Rehabilitasi Hutan

Redaktur: Rahmadani
| 897 views

Presiden Joko Widodo saat kemping di titik nol kilometer pembangunan IKN Nusantara pada Senin, 14 Maret 2022. (Istimewa).

Samarinda, Afiliasi.net - Kunjungan Presiden Joko Widodo ke titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tertangal 14-15 Maret 2022, menandai dimulainya pembangunan IKN di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Presiden Jokowi menyebut tahap awal pembangunan Ibu Kota Nusantara adalah rehabilitasi hutan di kawasan tersebut.

"Pembangunan IKN akan kita awali dengan merehabilitasi hutan-hutan," kata Presiden Jokowi kepada awak media, Senin, 14 Maret 2022 kemarin.

Mantan Wali Kota Solo itu menginginkan kawasan IKN kembali sebagai hutan tropis. Area-area di IKN dan sekitarnya akan dikembalikan pada fungsi semula, yakni hutan tropis dan bukan hutan yang monokultur, yang homogen, lanjut Jokowi.

Nantinya, sebut orang nomor satu di Indonesia itu, rehabilitasi hutan akan memanfaatkan bibit pohon yang disiapkan di Persemaian Mentawir.

Diketahui, terletak di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, persemian ini didorong selama kurun 7 bulan mendatang digadang mampu memproduksi sebanyak 20 juta bibit pohon.

Beberpa jenis pohon yang dikembangkan antara lain seperti kayu nyatoh, meranti, kapur, gaharu, hingga jambu-jambuan.

"Semangat awal kita adalah penanaman kembali habitat seperti semula dan suasana di IKN nanti betul-betul seperti konsep yang sudah kita rencanakan, kota hutan," ucap Jokowi.

Nantinya, jika pepohonan dari Persemaian Mentawir telah menjulang tinggi, proses konstruksi bisa dilakukan.

Diketahui pemerintah menargetkan persiapan pembangunan konstruksi di IKN Nusantara mulai akan dilakukan pada smester dua tahun 2022 ini. Tahap awal pembangunan IKN, akan dikebut hingga 2024 mendatang.

Presiden Jokowi, bersama rombongan menteri menggelar agenda kemah di IKN sejak 14 Maret kemarin. Pada Selasa, 15 Maret 2022 pagi, presiden bersama rombongan telah kembali ke Jakarta. (*)

Penulis : Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #presiden-jokowi #ikn-nusantara #rehabilitasi-hutan 

Berita Terkait

IKLAN