Sabtu, 27 April 2024 12:16 WIB

Daerah

Viral Video Wabup Mahulu Marah Gegara Jalan Rusak Parah, Begini Respon Anggota DPR-RI Dapil Kaltim Irwan Fecho

Redaktur: M. Yusuf
| 619 views

Jalan Rusak Menuju Kabupaten Mahakam Ulu. (Istimewa)

Afiliasi.net - Rusaknya akses jalan menuju Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) membuat Wakil Bupati, Yohanes Avun menjadi gerah.

Ungkap kekesalan Yohanes atas kerusakan jalan menuju wilayahnya itu bahkan viral di media sosial. Dalam video berdurasi 1 menit. Yohanes nampak begitu kesal dibuat jalan menuju kabupaten termuda di Kaltim itu masih didominasi oleh kubangan lumpur.

Orang nomor dua di Mahulu itu bahkan tak segan mendorong pemerintah pusat untuk memperbaiki jalan di Mahulu yang kondisinya sangat memprihatinkan. 

"Pemerintah pusat harus betul-betul serius menangani jalan ini, karena jalan ini menuju ke daerah ke kota kami," ucap Yohanes dikutip dari videonya yang viral.

Dalam video berdurasi 1 menit itu, terlihat jelas jalan menuju Kabupaten Mahulu tak layak dilewati kendaraan roda dua maupun lebih. Sebab, kondisi jalan yang masih tanah dan berlumpur. 

Dengan tegas, Yohanes meminta perhatian lebih dari pemerintah pusat untuk membantu menanangani kerusakan jalan menuju daerahnya itu. 

Ia meminta agar pemerintah pusat turun tangan melakukan penanganan terhadap jalan antar Kabupaten yang rusak itu. 

"Saya berharap perhatian dari pemerintah pusat untuk betul-betul serius menangani jalan ini, karena jalan ini menuju ke daerah ke kota kami," ucap Yohanes dikutip dari videonya yang viral.

Lanjut ditegaskan Yohanes, Mahulu juga berhak mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat terkhususnya dalam hal pembangunan. 

"Tolong anggaran yang ada di pusat untuk penanganan jalan ini jangan yang diperhatikan pembangunan jawa dan sumatera saja. Tolong kami juga diperhatikan, kami juga manusia," tegasnya.

Terkait hal tersebut, Anggota Komisi V DPR RI, Irwan mengatakan bahwa untuk segmen wilayah Long Bagun-Long Pahangai yang menjadi keluhan Wakil Bupati Mahulu itu, telah diperjuangkan pihaknya untuk dibiayai dengan pendanaan dari Asean Development Bank (ADB).

"Sudah dipaparkan juga di depan Wabup Mahulu bulan November 2022 lalu. Sambil menunggu peningkatan jalan sebaiknya pemerintah daerah dapat mengoptimalkan perusahaan sekitar untuk memelihara spot-spot jalan yang rusak parah terutama di musim hujan,” ungkap Irwan saat dihubungi wartawan, Senin (23/1/2023).

Politisi Demokrat yang berkantor di Gedung Senayan itu menuturkan, penanganan jalan di daerah membutuhkan kerjasama dari pemerintah daerah jika ingin dibantu pembiayaan pusat dengan surat dari Bupati berupa pernyataan bahwa lahan jalan-jalan tersebut tidak bermasalah. 

“Sampai saat ini suratnya masih kita tunggu,” jelas Irwan yang juga Ketua DPD Demokrat Kaltim.

Lanjut ia uraikan, selain segmen Tering-Long Bagun, Long Bagun-Long Pahangai, terangnya, saat ini Kementerian PUPR juga menangani segmen Tiong Ohang-Long Pahangai, Batas Kalbar-Tiong Ohang dan Long Pahangai-Long Boh.

“Mahakam Ulu bagi kami adalah bagian Indonesia yang berhak juga mendapat keadilan terkait pembangunan infrastruktur. Itu komitmen kami di Komisi V DPR RI juga kementerian PUPR. Walau sejatinya ini adalah jalan yang menjadi kewenangan daerah,” pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #jalan-rusak #wakil-bupati-mahulu #irwan-fecho #video-viral #jalan-rusak-parah 

Berita Terkait

IKLAN