Kamis, 02 Mei 2024 12:09 WIB

Nusantara

PPATK Lapor Ratusan Ribu Safe Deposit Box serta Transaksi Mencurigakan sebagai Dana Kampanye

Redaktur: Redaksi
| 68 views

PPATK (DetikFinance.com)

Afiliasi.net - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) melaporkan adanya ratusan ribu safe deposit box yang dicurigai sebagai sumber dana kampanye. Laporan PPATK tersebut disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (12/12/2023) lalu.

Ratusan ribu safe deposit box yang ditemukan PPATK dengan periode selama Januari hingga September 2023 itu merupakan kepemilikan dari bank swasta dan juga Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PPATK juga mengaku mendapati sebuah transaksi yang dilakukan oleh bendahara dari salah satu partai politik (parpol) yang mencapai nominal milyaran rupiah.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Ketua komisioner KPU Idham Holik menjelaskan perihal kecurigaan PPATK terhadap temuan tersebut. Kendati demikian, PPATK tidak menjelaskan secara detail safe deposit box yang dilaporkan.

"Terkait data safe deposit box tersebut, sama dengan data transaksi keuangan parpol yang bersifat global di mana tidak ada rincian sama sekali dari data safe deposit box tersebut," ungkap Idham dalam keterangan tertulis dilaporkan oleh CNN Indonesia, Sabtu (16/12/2023).

Selain itu, Idham juga menuliskan perihal transaksi dari bendahara salah satu parpol yang dilaporkan oleh PPATK. Transaksi tersebut dicurigai oleh PPATK sebagai pendanaan kampanye yang merupakan sebuah pelanggaran.

"PPTAK menjelaskan ada rekening bendahara parpol pada periode April - Oktober 2023 terjadi transaksi uang, baik masuk ataupun keluar, dalam jumlah ratusan miliar rupiah," jelasnya.

Meskipun PPATK melaporkan kepada KPU perihal kecurigaannya, namun lembaga independen itu menerangkan siapa penerima maupun pemberi dari transaksi tersebut. Hak tersebut membuat pihak KPU, kata Idham, tidak dapat memberikan tanggapan lebih lanjut.

"Data hanya diberikan dalam bentuk data global, tidak terinci, hanya berupa jumlah total data transaksi keuangan perbankan," pungkasnya.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #ppatk #kpu #kampanye #safe-deposit-box #parpol #pemilu-2024 

Berita Terkait

IKLAN