Jumat, 18 Oktober 2024 09:03 WIB

Daerah

KPU Samarinda Jamin Keterbukaan Informasi dengan Media Demi Sukseskan Pilkada

Redaktur: Redaksi
| 105 views

Ngobrol Pilkada (NgoPi) yang diselenggarakan KPU Samarinda dengan para insan pers, di Setiap Hari Coffee, Jalan Ir. Juanda Samarinda, Selasa (23/7/2024) malam. (Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda menggelar diskusi bertajuk “Ngobrol Pilkada (NgoPi) bersama Media” yang dihadiri oleh puluhan media massa di Samarinda, mulai dari media daring, cetak, radio, hingga televisi, di Setiap Hari Coffee, Jalan Ir. Juanda Samarinda, Selasa (23/7/2024) malam.

Diskusi ini dihadiri oleh lima komisioner KPU Samarinda, yaitu Firman Hidayat yang merupakan Ketua KPU Samarinda, Akbar Ciptanto dari Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Akbar, Nina Mawaddah dari Divisi Hukum dan Pengawasan, Arif Rakhman dari Divisi Teknis Penyelenggaraan, dan Yustiani dari Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Di hadapan puluhan jurnalis Kota Tepian, Firman Hidayat menuturkan KPU dan media harus saling bersinergi dalam menyukseskan Pilkada yang akan diselenggarakan pada November 2024 mendatang.

“Diskusi media kali ini sesungguhnya adalah bagian dari kegiatan wajib kami karena kami perlu publikasi kami ingin semua kegiatan-kegiatan kami juga diketahui oleh khalayak,” jelas Firman.

Firman juga menjamin keterbukaan informasi antara KPU dengan media, sepanjang informasi yang diberitakan tidak terkait dengan hal-hal yang dilarang oleh undang-undang, seperti nama atau data pribadi pemilih dan realisasi anggaran.

"Media menjadi pilar yang sangat penting bagi kami untuk mensosialisasikan mulai dari program, profil calon, bagaimana cara memilih, dan banyak hal pemilihan yang harus diketahui oleh semua masyarakat Kota Samarinda,” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa KPU dan media saling membutuhkan satu sama lain. Ketika KPU melakukan kegiatan yang perlu dipublikasi, maka media selaku rekan KPU akan melakukan peliputan.

“Oleh karenanya kami sangat tidak mungkin menutup diri dengan media jadi apapun yang berkaitan dengan pemberitaan pastilah kami akan layani,” urainya.

Selain sosialisasi ke media, Firman menuturkan pihaknya akan melakukan pertemuan-pertemuan tatap muka dengan kaum perempuan, kaum disabilitas, serta bersosialisasi langsung dengan masyarakat di tingkat kecamatan dan kelurahan dengan melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). (*)

Editor: Redaksi

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpu #kpu-samarinda #pilkada-samarinda-2024 #media-massa 

Berita Terkait

IKLAN