Kamis, 30 Mei 2024 05:24 WIB

Daerah

Buka Pasar Ramadan di Gor Segiri, Andi Harun Ingin Jadi Inspirasi bagi Daerah Lain di Indonesia

Redaktur: Redaksi
| 73 views

Suasana pembukaan Pasar Ramadan di GOR Segiri ditandai dengan pemukulan Jimbe oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, dengan resmi membuka Pasar Ramadan 1445 H di lapangan GOR Segiri Samarinda, Jalan Kesuma Bangsa, pada hari keempat Ramadan, Jumat (15/3/2024). 

Andi Harun mengungkapkan rasa lega karena Pasar Ramadan tetap berada di lokasi yang sama. GOR Segiri, yang setiap tahun menjadi tempat Pasar Ramadan, sedang dalam proses revitalisasi. Awalnya, ada dua lokasi yang diusulkan sebagai alternatif, yaitu Taman Bebaya dan Polder Air Hitam.

"Namun, pada detik-detik terakhir, kepala dinas dan panitia memberitahu saya bahwa kita masih dapat menggunakan GOR Segiri untuk Pasar Ramadan. Karena pada bulan Ramadan ini masih dalam proses lelang kegiatan hingga masa sanggah," ujarnya.

Andi Harun juga menyoroti bahwa masyarakat Samarinda sudah aktif mencari informasi tentang Pasar Ramadan di media sosial sejak dua minggu sebelum bulan puasa dimulai. Baginya, bulan Ramadan di Kota Tepian tidak lengkap tanpa adanya Pasar Ramadan.

"Pasar Ramadan di Kota Samarinda ini sudah berusia cukup tua dan telah menjadi inspirasi bagi banyak daerah di Indonesia untuk mengadakan kegiatan serupa, meskipun dengan nama yang berbeda," katanya.

Sebagai politikus dari Partai Gerindra, Andi Harun menyebut Pasar Ramadan telah menjadi bagian dari tradisi yang dinanti-nantikan oleh masyarakat Samarinda setiap tahunnya. Oleh karena itu, keberadaannya harus tetap dijaga dan dilestarikan.

"Pasar Ramadan ini bukan hanya sebagai tempat berbelanja, tetapi juga sebagai wadah silaturahmi dan aktivitas ekonomi, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kita harus terus memperkuat tradisi ini," tambahnya.

Pasar Ramadan merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata. Tahun ini, Pasar Ramadan di lapangan GOR Segiri berlangsung mulai tanggal 12 Maret hingga 6 April mendatang. Ada sekitar 150 gerai UMKM yang ikut serta dalam kegiatan ini. (*)

Editor: Redaksi
 
 
 
 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pasar-ramadan-di-samarinda #pemkot-samarinda #andi-harun #ibadah-puasa-2024 

Berita Terkait

IKLAN