Selasa, 14 Mei 2024 10:06 WIB

Daerah

Dinas PUPR Kaltim Pasang Sensor yang Mampu Mendeteksi Kerusakan di Jembatan Mahakam IV

Redaktur: M. Yusuf
| 718 views

Suasana Jembatan Mahakam IV, saat malam hari. (Dok. Pemprov Kaltim)

Samarinda, Afiliasi.net - Perawatan rutin Jembatan Mahakam IV Samarinda dipastikan telah rampung. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kaltim, Irhamsyah pada Minggu, 12 Desember 2021 malam.

"Alhamdullilah sudah selesai, malam tadi terakhir," kata Ling sapaan karibnya, saat dikonfirmasi awak media, Senin 13 Desember 2021.

Diketahui selama sepekan, akses jalan jembatan Mahakam IV dilakukan buka tutup arus lalu lintas. Ini dilakukan karena tim perawatan tengah melakukan pengerjaan penyetelan tegangan kabel jembatan, atau fine tunning.

"Hasil pengecekan kabel itu, tegangannya masih aman semua," ungkap Ling.

Lanjut Ling, ke depan masih ada beberapa pekerjaan yang akan dilakukan Dinas PUPR Kaltim. Salah satunya pemasangan sensor Structural Health Monitoring System (SHMS).

Sensor itu nantinya berfungsi untuk mendeteksi kerusakan pada jembatan. Alat sensor bakal memantau pergerakan jembatan.

"Ini lagi proses pasang sensor. Habis itu selesai," terangnya.

Selain itu, juga akan dibangun pos jaga jembatan, dan pemindahan kilometer listrik, dari penempatan sebelumnya di Samarinda Seberang ke daerah kota.

"Perawatan mesti dilakukan setiap tahun. Tapi yang perawatan ringan aja, cek kabel-kabel, cek baut aja. Yang berat sudah kita lakukan sekarang," imbuhnya.

Proyek pemugaran Jembatan Mahakam IV telah dilakukan sejak awal Agustus 2021 lalu. PUPR Kaltim berharap seluruh item pengerjaan dapat dirampungkan di akhir tahun 2021 ini.

Sebagai informasi, Dinas PUPR Kaltim mengalokasikan anggaran untuk pemugaran Jembatan Mahakam IV Samarinda, sebesar Rp13,29 miliar. Alokasi itu menggunakan skema tahun tunggal di APBD 2021. (tim redaksi Afiliasi)

Penulis: Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #jembatan-mahakam #dinas-pupr-kaltim #sensor-jembatan 

Berita Terkait

IKLAN