Jumat, 03 Mei 2024 04:01 WIB

Politik

Mengaku Dukung Prabowo, Budiman Sudjatmiko Sedih Jika Dipecat PDIP

Redaktur: Redaksi
| 218 views

DEKLARASI DUKUNGAN - Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko deklarasi dukungan terhadap Prabowo Subianto sebagai calon presiden. IST

Jakarta, Afiliasi.net - Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Budiman Sudjatmiko mengaku sedih jika partai memecat dirinya karena mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dengan bersedih hati, Budiman siap terima konsekuensi pemecatan.

"Jika misalnya yang saya katakan yang saya lakukan (mendukung Prabowo) salah keliru, ya dengan berat hati seandainya saya secara administratif dicabut keanggotaan saya, tentu saya sangat sedih," kata Budiman saat ditemui di Komplek Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (19/8/2023) malam.

Hingga saat ini, Budiman menyebut belum ada surat pemecatan atau surat peringatan dari PDI-P atas dukungannya kepada Prabowo. Meski harus dipecat, dia yakin tetap menjadi kader nasionalis dan soekarnois. Sesuai ideologi partai berlambang banteng. Di sisi lain, Mantan Ketua Partai Rakyat Demokratik ini berharap agar PDI-P tidak memberikan sanksi berat berupa pemecatan atas dukungannya kepada Prabowo.

Menurut Budiman, dukungan yang dilakukan kepada Prabowo bisa membuka jalan afiliasi strategis PDI-P dengan Gerindra. "Bisa saja kesimpulannya begitu sehingga saya tidak dinyatakan terlalu bersalah," ucap dia. "Sehingga kemudian tindakan saya ya salah, tapi sanksinya tidak harus dipecat. Saya sih berharap itu," imbuh dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengingatkan kader di daerah untuk tetap solid mendukung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo. Ia pun mewanti-wanti kader banteng yang ingin mendukung bacapres lain di Pemilu 2024. "Dipersilahkan untuk mundur atau menerima sanksi pemecatan jika ada yang membelot dengan mendukung calon lain," kata Hasto usai membuka Rakerda III DPD PDI-P Provinsi Jambi, Sabtu (29/7/2023).

Adapun dukungan Budiman kepada Prabowo sudah dinyatakan secara terang-terangan beberapa waktu terakhir. Prabowo dinilai sebagai sosok strategis yang bisa menggantikan kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang akan berakhir tahun depan. "Saya melihat tak sempurna Pak Prabowo, tak ideal, tapi relatif (lebih baik) dibandingkan yang lain. Karena itu bagi saya kepemimpinan strategis penting untuk persatuan nasional," kata Budiman dilansir dari Kompas.com. (editor: jon)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #budiman-sudjatmiko #pdi-perjuangan #prabowo-subianto #pemilu-2024 

Berita Terkait

IKLAN