Senin, 20 Mei 2024 01:39 WIB

Advetorial

Bupati Kukar Serahkan Kendaraan Operasional Sampah dalam Program Desa Ramah Lingkungan

Redaktur: Redaksi
| 43 views

Bupati Edi Damansyah secara resmi menyerahkan puluhan unit motor tiga roda (Viar) sebagai kendaraan operasional pengangkut sampah kepada 18 kepala Desa di Kecamatan Tenggarong Seberang.

Afiliasi.net - Sebagai langkah nyata dalam implementasi Program Desa Ramah Lingkungan dan Program Kukar Peduli Lingkungan, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah secara resmi menyerahkan puluhan unit motor tiga roda (Viar) sebagai kendaraan operasional pengangkut sampah kepada 18 kepala Desa di Kecamatan Tenggarong Seberang. Penyerahan ini berlangsung perdana pada Kamis (16/11/2023) di Halaman Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Tenggarong Seberang.

Bupati Edi Damansyah, dalam momen penyerahan, secara pribadi menanyakan kepada Kepala Desa Bangun Rejo, Yuyun, mengenai kecukupan kendaraan operasional. "Bu Kades, apakah kendaraan operasional bak sampah ini sudah cukup atau masih kurang," tanya Edi Damansyah, yang langsung dijawab oleh Yuyun, "Masih kurang, Bapak Bupati, ya 3 (tiga) unitlah, Bapak," sambil tersenyum.

Penyerahan bantuan kendaraan bak sampah ini merupakan langkah pertama dalam realisasi Program Desa Ramah Lingkungan dan Kukar Peduli Lingkungan. Bupati Edi menyatakan bahwa program ini juga berarti melimpahkan kewenangan pengelolaan sampah kepada camat, termasuk penyediaan sarana dan prasarana pengangkutan sampah di lingkungan desa.

"Saya minta direncanakan dan dimanfaatkan dengan baik, terutama oleh kepala desa untuk membentuk organisasinya masing-masing. Saya harap kewenangan dan penanganan sampah di setiap desa dapat tertangani dan terkelola dengan baik, khususnya di Tenggarong Seberang," ujar Bupati Edi Damansyah.

Edi juga menekankan pentingnya mekanisme dan sistem kerja yang baik berbasis perencanaan di tingkat desa untuk memastikan keberhasilan program ini. Pelimpahan kewenangan ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar dalam pengelolaan sampah ramah lingkungan di masing-masing desa.

"Saya minta camat membuat mekanisme dan sistem kerja yang baik, berbasis perencanaan di tingkat desa, sehingga kewenangan ini bisa berjalan maksimal. Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam pengelolaan sampah ramah lingkungan di setiap lingkungan desa," tambahnya.

Bupati Edi menekankan bahwa pelimpahan kewenangan ini harus diimbangi dengan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Saya juga minta para kepala desa fokus bekerja dan layani masyarakat dengan baik," tutupnya. (*)

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #kendaraan-operasional-sampah #edi-damansyah #prokom-kukar #desa-ramah-lingkungan 

Berita Terkait

IKLAN