Rabu, 15 Mei 2024 10:52 WIB

Advetorial

Tingkatkan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana, BPBD Kutim Gelar Pendampingan Petugas Jitupasna dan R3P

Redaktur: Redaksi
| 54 views

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Poniso Suryo Renggono. (ist)

Sangatta, Afiliasi.net - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar kegiatan pendampingan petugas Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (JITUPASNA) dan Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana (R3P) di Hotel Royal Victoria, Sangatta, pada Senin (20/11/2023) 

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setkab Kutim, Poniso Suryo Renggono.

Ditemui usai kegiatan, Poniso menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menlakukan pengkajian pasca bencana, serta meningkatkan kemampuan para petugas Jitupasna dan R3P dalam menanggulangi bencana.

"Ketika nanti terjadi bencana lagi kita tidak bingung lagi mau mengurusnya, paling tidak sudah ada data awal dari bencana kemarin," ucapnya 

Lebih lanjut, Poniso menegaskan bahwa bencana alam tidak hanya terjadi di wilayah Sangatta, tetapi juga kerap melanda di sejumlah kecamatan lain.

"Pendamping ini tidak fokus di Sangatta saja tapi juga di wilayah dan kecamatan-kecamatan lain yang sering terjadi banjir jadi itulah diadakan pengkajian ini," jelasnya.

Ia berharap, ke depannya para petugas akan semakin sigap dalam menghadapi bencana alam. "Sehingga tidak ada lagi nanti lembaga daerah menyampaikan ini lambat dalam penanganan banjir dan bencana lain.”

Terakhir, ia meminta kerjasama dari pihak BPBD dalam memaksimalkan upaya penanganan bencana.

"Semoga nanti bisa mempercepat langkah ke depan, jadi ketika ada bencana gak bingung lagi," tuturnya.(Adv).

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kutim #asisten-pemkesra-kutim #poniso-suryo-renggono #bpbd-kutim #jitupasna #r3p #penanggulangan-bencana 

Berita Terkait

IKLAN