Senin, 29 April 2024 01:55 WIB

Manca

Protes Perang di Jalur Gaza, Tentara AS Nekat Bakar Dirinya

Redaktur: Redaksi
| 45 views

Tentara AS Nekat Bakar Dirinya Untuk Protes Perang di Jalur Gaza

Afiliasi.net - Aksi nekat yang dilakukan personel Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) Aaron Bushnell bertujuan untuk memprotes perang di Jalur Gaza. Aksi bakar diri itu dilakukannya di luar Kedutaan Besar Israel di Washington DC.

Seperti dilansir kantor berita Anadolu News Agency, Selasa (27/2/2024), Aaron Bushnell yang berusia 25 tahun merupakan seorang anggota aktif Angkatan Udara AS. Dia membakar dirinya sendiri di depan gedung misi diplomatik Israel di Washington DC pada Minggu (25/2) sore waktu setempat.

Aksi tersebut rupanya merupakan usahanya untuk memprotes perang yang terjadi akibat konflik Israel-Hamas di Jalur Gaza. Tidak hanya itu, dirinya juga memprotes sikap dan dukungan Washington terhadap Tel Aviv dalam perang yang memakan banyak korban jiwa tersebut.

Diketahui dari video yang beredar, Dalam video yang beredar, Bushnell berulang kali terdengar meneriakkan "Free Palestine!" saat kobaran api menyelimuti dirinya hingga akhirnya Bushnell jatuh ke tanah. Bushnell sempat dilarikan ke rumah sakit, namun dia akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Pentagon Mayor Jenderal Patrick Ryder menyebutkan aksi tersebut merupakan peristiwa yang tragis yang dialami oleh Bushnell dan keluarganya.

Ryder menambahkan bahwa Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin sedang "memantau situasi tersebut".

Rupanya aksi bakar diri itu tidak hanya baru terjadi satu kali, Bushnell menjadi orang kedua di AS yang nekat melakukan aksi bakar diri sebagai bentuk protes terhadap perang di Jalur Gaza. Seseorang nekat membakar diri di luar gedung Konsulat Israel di Atlanta, Georgia, juga untuk memprotes perang tersebut pada Desember 2023 lalu.

Sementara itu diketahui gempuran Israel terus berlanjut di Jalur Gaza, dengan laporan terbaru otoritas kesehatan Gaza menyebut lebih dari 29.690 orang tewas sejauh ini. Rentetan serangan Israel itu dilaporkan memicu kehancuran besar dan menyebabkan kekurangan bahan-bahan kebutuhan pokok bagi warga Gaza.

Editor:Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #tentara-as #bakar-diri #protes #konflik-israel-hamas 

Berita Terkait

IKLAN