Jumat, 26 April 2024 03:04 WIB

Daerah

Dukung Pemindahan IKN, Mahasiswa Unikarta Ingatkan Pembangunan Smart City Harus Dipertahankan

Redaktur: Rahmadani
| 858 views

Presiden BEM Unikarta, Muhammad Junaidi. (Istimewa).

Samarinda, Afiliasi.net - Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus mendapatkan dukungan. 

Seperti yang diutarakan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Muhammad Junaidi, bahwa pemindahan IKN Nusantara adalah sebuah hal yang ikonik dan disambut hangat masyarakat lokal. 

Kendati demikian, Muhammad Junaidi tak lupa mengingatkan agar konsep pembangunan smart city harus menjadi hal yang diprioritaskan.

"Ini bisa dikatakan sesuatu yang ikonik sekali, dari kawasan hutan menjadi kawasan ibu kota negara, tentu suasana smart city kawasan IKN harus tetap dipertahankan sebagai ciri khas Kalimantan," pesan Junaidi, Sabtu, 19 Maret 2022.

Tak hanya itu, lanjut Junaidi, pembangunan IKN Nusantara juga dinilainya sebagai sebuah perwujudan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 

"Mencermati penetapan Kaltim sebagai IKN yang baru menggantikan DKI Jakarta, sebagaimana tertuang dan diatur dlm UU No 32022 tentang IKN, maka BEM Unikarta melihat ini merupakan langkah yang baru bagi masyarakat Kaltim, terlepas ada yg setuju dan tidak setuju," ucapnya. 

Pembangunan IKN Nusantara tentunya juga sebuah hal yang sangat dinanti masyarakat yang terus mengharapkan kesetaraan pembangunan infrastruktur. 

"Tentu ini akan memberikan dampak positif  bagi pertumbuhan di Kaltim, seperti Samarinda, Balikpapan, Bontang, akan menjadi kawasan dengan kemajuan pesat," imbuhnya. 

Tak hanya pembangunan di sektor infrastruktur, pembangunan IKN Nusantara juga diharap bisa meningkatkan sektor mutu pendidikan di provinsi berjuluk Bumi Mulawarman. 

"Tentu juga diharapkan agar lajunya pembangunan IKN khususnya di Kukar, harus diimbangi dengan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan yg lebih baik. Artinya  diharapkan ada dukungan bagi  kampus Unikarta, dan kampus lain di Kaltim agar  semakin berkembang pesat seperti halnya  kampus di Jawa, yang diharapkan mampu mencetak intelektual yang siap pakai," bebernya. 

Penitingnya peningkatan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) adalah hal mutlak yang harus diterima dan dilakukan masyarakat. Sebab bila hal itu tak dilakukan, maka masyarakat lokal nantinya akan jauh tertinggal dan menjadi penonton di tanah kelahiran. 

"Semestinya, pemerintah daerah juga harus  jemput bola tentang skala prioritas  pembangunan ke depan seiring pembangunan IKN . Sinergitas itu penting, guna menangkap peluang sektor apa yg harus dibenahi, seperti ketahanan pangan  pertanian, perikanan, tata kelola hunian kawasan urban, pariwisata, transportasi dan mengkomodir aspirasi yang berkembang dikalangan wakil rakyat dan akademisi," tandasnya. (*)

Penulis  : Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #ikn-nusantara #bem-unikarta #muhammad-junaidi 

Berita Terkait

IKLAN