Selasa, 21 Mei 2024 05:40 WIB

Nusantara

Beredar Video Hoaks Dirinya Dimarahi Surya Paloh, Anies Baswedan Arahkan Masyarakat Lebih Kritis

Redaktur: Redaksi
| 69 views

Beredar Video Hoaks Anies Dimarahi Surya Paloh (Kompas TV)

Afiliasi.net - Sebuah video yang beredar diedia sosial menyampaikan capres nomor urut 1 Anies Baswedan tengah dimarahi oleh ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Penyebabnya, Anies menyampaikan data yang tidak benar saat Debat Pilpres lalu.

Video tersebut diunggah oleh akun tiktok bernama ANGURMERAH. Akun tersebut mengunggah rekaman suara yang seolah-olah Anies dimarahi oleh Surya Paloh dengan narasi 'detik-detik telponan bapak ketuwa Nasdem Surya Paloh berbicara dengan bapak Anis Waswedan calon presiden 2024'.

Rupanya video tersebut tidaklah benar. Video tersebut telah dikonfirmasi oleh partai NasDem sebagai video hoaks.

Video tersebut juga diunggah Partai NasDem melalui akun X sebagai bukti konfirmasinya pada Selasa (23/1/2024), terdengar suara Surya Paloh sedang menegur Anies lantaran mengeluarkan data ngawur saat debat. Di video itu, Anies mengatakan jika dirinya sudah berusaha mati-matian untuk mengambil simpati rakyat.

Partai NasDem meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap hoaks. Pihaknya juga menyampaikan bahwa video tersebut merupakan fitnah yang tak pantas dilakukan.

"Waspada hoax ya kakak-kakak semua. Beredar video suara rekaman palsu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Capres 01 Anies Baswedan. Sekali lagi, Partai NasDem tegaskan itu tidak benar dan merupakan fitnah yang amat keji," tulis Partai NasDem di akun X nya.

Mengutip dari Suara.com, Anies Baswedan juga telah menyampaikan kepada masyarakat agar tidak termakan video hoaks tersebut. Masyarakat diminta untuk lebih kritis untuk menilai video-video yamg beredar di media sosial.

"Ya kita harus kritis aja, karena sekarang ada teknonologi artificial intelligence yang bisa membuat, bahkan gambar audio visual tampak seperti asli," kata Anies saat diwawancarai Yogyakarta, Selasa (23/1/2024).

Berikut dialog rekaman suara yang diduga antara Anies dan Surya Paloh:

"Saya sudah berusaha sekuat tenaga, pas di debat saya juga mati-matian untuk ngambil perhatian masyarakat".

"Ya tetap aja, tapi data mu itu ngawur bilang angin nggak punya KTP segala saya yang malu haduh Nies," terdengar rekaman yang mirip suara Surya Paloh.

"Itu saya berusaha kalem aja buat ngeles".

"Kesalahan masa lalu kamu itu kebanyakan sih, saya juga merasa dibohongin nih sama Mimin, di awal dia janjiin banyak banget hal sampai maunya jadi ketua tapi malah zonk".

"Pak kesalahan itu sudah saya tutup tutupin kalau soal Cak Mimin saya juga sebenarnya capek pak".

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #anies-baswedan #surya-paloh #video-hoaks 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler