Jumat, 17 Mei 2024 06:22 WIB

Nusantara

Dilaporkan ke Bawaslu, Begini Respon Anies

Redaktur: Redaksi
| 72 views

Anies Baswedan (Berita Satu)

Afiliasi.net - Terdapat laporan terkait calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan yang membuat lelucon dengan menyindir capres lainnya Kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Rabu (20/12/2023). Diduga, Anies membuat ejekan terhadap capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Pelapor yang mengaku sebagai perwakilan dari Advokat Pengawal Demokrasi (APD) tersebut melaporkan Anies Baswedan kepada Bawaslu. Yayan, pelapor, menjelaskan aksi Anies tersebut terjadi ketika bertemu dengan para ulama di Jambi. 

"Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menyindir capres nomor urut 2 yang menurutnya emosional saat debat perdana Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta," kata Yayan dalam keteranganya, dilansir Suara.com.

"Awalnya Anies menanyakan kepada para ulama yang hadir apakah menonton Debat Perdana Capres, 'Kebetulan dua hari yang lalu debatnya soal hukum. Ikut ndak lihat debat kemarin? Nobar. Emang sepak bola? Untung enggak ada meja di situ,' katanya yang disambut tawa para ulama yang hadir," tambah dia menyebut ulang perkataan Anies.

Dari perkataan Anies, perwakilan APD itu menganggap hal tersebut tidak beretika. Membuat lelucon dengan membawa capres lain adalah hal yang tidak patut dilakukan.

Anies Baswedan dengan santai menanggapi dirinya dilaporkan kepada Bawaslu. Ia bahkan menyerahkan kepada Bawaslu terhadap apa yang harus dikerjakan.

"Ya biar Bawaslu menjalankan tugasnya dan yang melaporkan jadi populer," ujar Anies di Banten, Kamis (21/12/2023), masih mengutip media yang sama.

Anies juga merasa tidak menyinggung pihak mana pun atas pernyataannya. Sejauh ini, Anies merasa tidak perlu khawatir atas pelaporan tersebut.

Daru pihak Bawaslu sendiri mengkonfirmasi memang terdapat laporan mengenai hal tersebut. Pihaknya akan mengkaji lebih dalam perihal laporan terhadap Anies yang membuat lelucon menggunakan capres lain.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #capres-no-urut-1 #pilpres-2024 #anies-dilaporkan-ke-bawaslu 

Berita Terkait

IKLAN