Senin, 06 Februari 2023 12:09 WIB

Daerah

Kembali Salurkan Bantuan Pro Bebaya, Andi Harun: Saya Minta yang Diusulkan Warga itu yang Dilaksanakan

Redaktur: Rahmadani

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat menyampaikan sambutan di penyerahan bantuan kegiatan Pro Bebaya kepada warga Kecamatan Samarinda Kota, Kamis, 22 September 2022. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, kembali menyerahkan bantuan program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Pro Bebaya). 

Kali ini, bantuan diberikan kepada masyarakat wilayah Kecamatan Samarinda Kota. Penyerahan berlangsung di kawasan objek wisata Citra Niaga Samarinda, pada Kamis, 22 September 2022 pagi. 

Dalam kesempatan tersebut, Andi Harun berpesan agar masyarakat, kelompok masyarakat (Pokmas), serta pengawas program Pro Bebaya dapat menjalankan program yang menganggarkan Rp 100 juta per rukun tetangga (RT) pada 2022 ini dengan sebaik-baiknya. 

Pasalnya, lanjut Andi Harun, agar Kota Samarinda dapat menuju kota metropolitan, maka pemerintah dan para warganya harus mampu menunjukan sikap Bebaya. 

"Program Pro Bebaya kita ambil dari bahasa Kutai yang artinya gotong royong. Artinya, untuk menuju kota metropolitan hanya bisa dilakukan dengan Bebaya," ucap Andi Harun dalam sambutannya. 

Melalui program Pro Bebaya, mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim itu juga mengharapkan agar manfaatnya dapat dirasakan masyarakat secara langsung. 

"Betul-betul apa yang ingin dilakukan di masyarakat, itu yang dilaksanakan. Saya sampaikan agar probebaya dilaksanakan sebaik-baiknya," tegasnya. 

Ketua Tim Wali Kota untuk Akselerasi Pembangunan (TWAP) Samarinda, Syaparudin menuturkan, penyerahan bantuan ini merupakan usulan masyarakat di program Pro Bebaya yang sebelumnya dihimpun oleh Pokmas. 

"Secara umum, program ini sudah sejalan dengan Perwali 12/2021 bahwa seluruh Pokmas telah melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat," ucapnya menambahkan. 

Seperti sebelumnya, lanjut Syaparudin, program Pro Bebaya di sektor pembangunan terbagi dua. Adalah pembangunan sarana dan prasarana atau infrastruktur kecil yang dibutuhkan masyarakat di masing-masing RT. 

"Seperti perbaikan jalan rusak atau drainase untuk penanganan banjir. Kemudian, sarana dan prasarana seperti pengadaan kamera pengawas untuk keamanan. Sisanya bisa untuk pemberdayaan," paparnya. 

Diketahui, anggaran Pro Bebaya pada 2022 ini terbagi menjadi dua. Sebanyak Rp 75 juta dialokasikan pada APBD 2022 dan Rp 25 juta di APBD-P. 

Adapun bantuan yang diberikan kepada masyarakat Samarinda Kota di 5 Kelurahan kali ini berupa peralatan pembuatan kue; paket sembako; seragam sekolah jenjang SD dan SMP; alat kesehatan di Posyandu untuk lansia dan remaja; mesin potong rumput; kamera pengawas; peralatan gotong royong; alat pemadam kebakaran dan alat pelindung diri; pemberian makanan tambahan lansia; serta sertifikat latihan menjahit. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pro-bebaya #andi-harun #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN